Dalam keseharian masyarakat pada aplikasi belanja online, tentu kebanyakan dari mereka kerap menjumpai beragam status pengiriman. Contohnya, saat seseorang gagal menerima paket dari J&T atau Shopee dan muncul status Reschedule dengan Customer, apa artinya?
Tidak hanya pengirim yang mencari tahu arti Reschedule dengan Customer. Pasalnya, kebanyakan pengguna baik customer atau pembeli maupun penjual juga masih belum mengetahui secara pasti apa artinya status tersebut.
Secara umum, banyak kalangan mengartikan bahwa Reschedule dengan Customer berarti bahwa kurir telah mengonfirmasi kiriman paket dengan penerima. Namun, kebanyakan customer kerap masih mengalami kebingungan karena baru menemukan kendala tersebut.
Lantas, Reschedule dengan Customer artinya apa? Untuk informasi detail mengenai status tersebut beserta informasi penyebab, solusi, pengalaman serta estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman ulang silakan simak rangkuman berikut.
Daftar Isi
Reschedule dengan Customer Artinya
Sederhananya, status Paket Gagal Dikirim Sudah Reschedule dengan Customer artinya adalah barang yang mengalami gagal kirim dan kurir seharusnya telah mengonfirmasi kepada pihak penerima lalu mengirimnya kembali keesokan hari.
Akan tetapi, tak semua kurir dapat melakukan konfirmasi kepada customer terlebih dahulu melainkan melaksanakannya atas kemauan sendiri. Inilah alasan mengapa banyak penerima maupun pengirim kerap mengalami kebingungan karena kedua belah pihak tidak menerima pesan, WhatsApp atau panggilan telepon dari kurir.
Bisa dikatakan arti Reschedule dengan customer adalah status resi yang muncul saat kurir tidak dapat mengirim paket sesuai jadwal tiba. Lalu, kurir akan melakukan negosiasi bersama penerima untuk menentukan jadwal pengiriman sesuai jadwal yang disepakati kedua belah pihak.
Secara umum, hal tersebut kerap terjadi apabila seseorang melakukan pembelian barang melalui Shopee lalu mengirimnya menggunakan ekspedisi J&T. Hanya saja, fakta mengenai kurir yang mengonfirmasi terlebih dahulu kepada pihak penerima tidak sepenuhnya benar karena perubahan diubah secara mendadak.
Penyebab Muncul Reschedule dengan Customer
Ketika mendapati status paket gagal dikirim sudah Reschedule dengan Customer J&T sebaiknya selaku penerima harus mengetahui apa saja penyebabnya. Sebab, hal ini kemungkinan terjadi karena barang tidak dapat dikirim pada hari itu kendati resi berstatus “Paket sedang dibawa kurir ke lokasi Anda” sebelumnya.
Sederhananya, pengiriman paket melalui kurir J&T Express mengalami kegagalan lalu akan dikirim keesokan hari. Ketika hal ini terjadi, artinya penerima harus memperpanjang masa garansi, mencari tahu kurir yang mengirim barang ataupun mengambil kirimannya secara langsung ke agen J&T terdekat.
Terdapat sejumlah indikasi penyebab munculnya status reschedule dengan customer di antaranya:
- Paket dikembalikan ke gudang karena suatu alasan.
- Terdapat permasalahan operasional kurir saat pengiriman seperti kendaraan stuck, terkena musibah, ban bocor dan lain sebagainya.
- Penerima barang kiriman tidak berada di rumah saat petugas datang.
- Jumlah barang mengalami peningkatan berkali lipat sehingga mengalami overload dan mengakibatkan petugas pengirim barang tidak sanggup mencapai target sesuai batas waktu.
- Kurir mendadak memiliki urusan penting lalu izin sehingga mengakibatkan perubahan status tanpa mengonfirmasi kepada customer.
- Jam operasional petugas sudah habis sehingga pengiriman dilanjutkan esok hari.
Itulah alasan kenapa paket di Reschedule dengan Customer dari pihak kurir baik secara sepihak maupun kedua belah pihak.
Baca Juga:
- Pickup Exception Artinya, Penyebab dan Cara Mengatasi
- Parcel Sedang Diproses di Hub Artinya Apa di Pengiriman Anteraja
Cara Mengatasi Reschedule dengan Customer
Ketika seseorang mendapati status Reschedule dengan Customer, artinya mereka harus mengetahui cara mengatasi permasalahan ini. Sebab, hal tersebut memungkinkan proses pengiriman akan tertunda sampai esok hari maupun beberapa waktu. Terlebih, adanya promo dari aplikasi seperti Shopee kerap mengakibatkan gudang ekspedisi mengalami overload.
Mengingat banyak aspek dalam perubahan status tersebut, artinya penerima maupun kurir harus bekerja sama untuk mengubah jadwal pengiriman sesuai kesepakatan. Bisa juga, pihak customer menghubungi call center lalu meminta reschedule dengan petugas lain. Dengan begitu, penerima bisa mendapatkan paketnya kendati mengalami kegagalan pengiriman sebelumnya.
Adapun solusi agar terhindar dari Reschedule dengan Customer di antaranya:
- Ketika sudah memiliki kontak dari petugas yang mengirim paket, pastikan untuk menunggu di rumah pada saat barang sedang dikirimkan.
- Jika sudah memiliki kontak pengirim, pastikan juga ketika sedang tidak ada di rumah sebaiknya membuat janji untuk bertemu sesuai lokasi atau waktu berdasarkan kesepakatan bersama.
- Saat barang memang dibutuhkan pada hari paket dikirimkan, penerima bisa mengambilnya secara langsung ke agen J&T terdekat.
Secara umum, kebanyakan orang akan memilih untuk menerapkan langkah pengambilan barang secara mandiri. Artinya, setiap individu diharuskan mengetahui alamat agen J&T terdekat untuk mengambilnya. Silakan sesuaikan alternatif tersebut berdasarkan kebutuhan baik mendesak atau tidaknya.
Pengalaman Reschedule dengan Customer
Berdasarkan fakta di lapangan dari sejumlah customer, pengalaman Reschedule kebanyakan terjadi tanpa adanya konfirmasi baik melalui panggilan telepon, chat WhatsApp maupun SMS dari pihak ekspedisi.
Selain merasa kebingungan terhadap artinya, mayoritas pengguna jasa ekspedisi tersebut juga beranggapan bahwa tidak pernah diberitahukan informasi terlebih dahulu sebelumnya. Jadi, seolah-olah, hal tersebut merupakan kesepakatan kedua belah pihak yang nyatannya ketentuannya dilakukan oleh sepihak.
Meskipun belum tentu akan terjadi kehilangan, namun hal ini akan merugikan customer karena sejumlah alasan berikut:
- Proses pengiriman kembali belum pasti dilakukan keesokan hari
- Penerima harus bersabar menunggu barang pesanannya datang
- Penerima harus komplain ke J&T Express maupun ke Shopee Indonesia
- Customer gagal menggunakan barang kiriman di hari yang sudah ditunggu
- Customer harus datang ke kantor agen atau drop point J&T Express
- Customer harus menghubungi kurir J&T yang membawa kirimannya
Estimasi Waktu Paket Dikirim ke Customer
Berdasarkan ulasan pelanggan J&T, ketika mendapati status Reschedule dengan Customer, artinya seseorang harus menunggu pengiriman kembali setidaknya dalam waktu kurang dari 24 jam hingga 72 jam setelah status resi tersebut muncul.
Jika mengalami kendala pengiriman Reschedule berkali-kali, sangat disarankan agar menghubungi Call Center J&T Express atau kunjungi agen J&T terdekat dari tempat tinggal guna mengajukan komplain maupun mengambil barang secara mandiri (Self Service).
Selain melakukan komplain lewat media call center atau secara langsung di kantor maupun drop point J&T, semua customer juga berhak komplain lewat sosial media perusahaan ekspedisi terkait baik Facebook, Twitter ataupun Instagram.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan, pertanyaan apa itu Reschedule Shopee ataupun Reschedule dengan Customer artinya adalah pengiriman paket yang gagal karena alasan tertentu, namun petugas pengirim barang harus mengirimnya keesokan hari atau mengonfirmasi kepada penerima lalu mengatur jadwal pengiriman sesuai kesepakatan kedua belah pihak.
Demikian informasi dari Tomorrowsuite.id, semoga bermanfaat serta menjadikan para pelaku kegiatan konsumtif dari marketplace online merasa lebih tenang. Nantikan pembahasan menarik lain dari kami, terima kasih telah membaca.