Psikotes Anteraja 2024, Bocoran Soal dan Cara Mengisi

Rijal Tanjung

Psikotes Anteraja

Kegiatan rekrutmen kurir maupun karyawan lainnya akan jauh lebih mudah ketika mengetahui tentang Psikotes Anteraja sebelum proses pendaftaran. Pasalnya Anda bisa belajar melalui kisi-kisi sampai cara mengisinya.

Psikotes Anteraja merupakan seleksi lanjutan setelah kandidat dinyatakan lolos dalam tahap awal rekrutmen. Tujuan adanya psikotes adalah mempermudah HRD mengetahui wawasan serta karakteristik kandidat di setiap aspek.

Jika dianggap lolos Psikotes Anteraja, kandidat nantinya berhak mengikuti interview atau wawancara secara online. Namun, Anda perlu melakukan sejumlah persiapan matang sebelum bisa mencapai tujuan seleksi tersebut.

Supaya dapat membantu Anda memahami tentang Psikotes Anteraja, maka Kami sudah menjabarkan informasinya secara lengkap. Bahkan informasi mengenai bocoran soal sampai cara mengisinya juga tersedia melalui pembahasan di bawah ini.

Bocoran Soal Psikotes Anteraja dan Kunci Jawaban

Bocoran Soal Psikotes Anteraja dan Kunci Jawaban

Selama mengikuti Psikotes Anteraja, kandidat akan diminta mengisi soal guna menggambarkan wawasan serta karakteristik. Adapun kegiatan psikotes tadi terbagi atas beberapa bagian, antara lain:

  • Tes Rambu Lalu Lintas
  • Tes Handling Paket
  • Tes Service Excellence
  • Tes Integritas

Semuanya harus dikerjakan dengan jawaban tepat agar pihak HRD mampu menilai mana kandidat terbaik sebagai kurir maupun karyawan Anteraja. Alhasil, pelamar terpilih dapat mengikuti tahapan seleksi lanjutan sesuai prosedur.

Supaya bisa menjadi bahan belajar bagi semua pihak, berikut adalah bocoran soal Psikotes Anteraja beserta kunci jawabannya.

Tes Rambu Lalu Lintas

Tes Rambu Lalu Lintas

Bagian Psikotes pertama adalah Tes Rambu Lalu Lintas. Nantinya pihak Anteraja akan menguji wawasan Anda mengenai tata tertib berkendara di jalan. Mulai dari tanda di dalam rambu sampai tindakan ketika menyikapi anomali di jalanan.

Berikut adalah kumpulan soal Psikotes Anteraja untuk bagian Tes Rambu Lalu Lintas.

1. Surat seperti pada gambar di bawah disebut dengan nama

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 1

a. Tiket Parkir
b. Surat Tilang (Slip Tilang Biru)
c. Surat Tilang (Slip Tilang Merah)
d. Surat peringatan pembayaran pajak kendaraan

Jawaban: B

2. Dibawah ini yang merupakan orang-orang yang harus Kita hargai selama berkendara di jalan adalah

a. Polisi Lalu Lintas
b. Pejalan Kaki
c. Pengendara Lain
d. Semua Pengguna Jalan

Jawaban: B

3. Kendaraan di bawah ini yang diperbolehkan masuk jalur busway adalah

a. Mobil Presiden dan Wakil Presiden
b. Bus Trans Jakarta
c. Ambulans
d. Semua Jawaban Benar

Jawaban: B

4. Jika terdapat pengendara lain membahayakan, yang harus dilakukan adalah

a. Menurunkan kecepatan, menjauh, dan mencoba menghindar
b. Menambah kecepatan
c. Berhenti dan berteriak kepada pengendara tersebut
d. Ikut bersaing untuk membuktikan siapa lebih hebat

Jawaban: A

5. Di bawah ini merupakan salah satu jenis rambu lalu lintas larangan yang harus dipatuhi. Apabila pengendara melewati suatu jalan dengan rambu seperti pada gambar di bawah, maka

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 5

a. Kendaraan harus berhenti pada Kilometer 80
b. Kendaraan yang tidak bisa melaju 80 Km/Jam dilarang menggunakan jalan
c. Pengemudi minimal memacu laju kendaraannya di 80 Km/Jam
d. Pengemudi dilarang memacu laju kendaraannya melebihi 80 Km/Jam

Jawaban: D

6. Ketika melewati sebuah rel kereta api dan palang kereta api sudah mulai turun, secara otomatis yang harus Kita lakukan adalah

a. Berhenti dan menunggu kereta lewat
b. Buru-buru melewati rel kereta
c. Mengklakson kendaraan di depan
d. Berada di tengah-tengah palang kereta

Jawaban: A

7. Jenis-jenis rambu lalu lintas pada gambar di bawah ini merupakan rambu yang bertujuan untuk memberikan?

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 7

a. Perintah
b. Larangan
c. Peringatan
d. Penjelasan

Jawaban: C

8. Rambu berikut ini merupakan larangan bagi pengendara untuk

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 8

a. Parkir
b. Berhenti
c. Mendahului satu sama lain
d. Putar balik

Jawaban: C

9. Jika dalam suatu lampu merah terdapat rambu sebagai berikut, maka berarti

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 9

a. Pengendara dipersilakan langsung belok ke kanan dengan menyalakan lampu sein
b. Pengendara dipersilakan langsung belok ke kiri dengan menyalakan lampu sein
c. Pengendara harus berhenti terlebih dahulu sebelum belok ke kiri sampai lampu hijau
d. Pengendara dilarang belok kiri

Jawaban: B

10. Rambu yang berada di jalan berupa huruf P dicoret dengan garis merah seperti pada gambar memiliki arti

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 10

a. Batasi kecepatan kendaraan bermotor
b. Pengemudi kendaraan bermotor tidak diperbolehkan parkir
c. Lahan parkir khusus untuk kendaraan bermotor
d. Terdapat belokan maupun tikungan di depan

Jawaban: B

11. Saat dalam perjalanan terjadi sebuah kecelakaan di depan Kita, yang dapat dilakukan adalah

a. Bersembunyi agar tidak ditunjuk menjadi saksi
b. Menepi serta langsung menolong korban
c. Menghakimi pelaku kecelakaan
d. Mengambil telepon genggam kemudian merekamnya untuk keperluan media sosial

Jawaban: B

12. Salah satu kewajiban dalam berkendara bagi seluruh pengemudi adalah

a. Berkendara dalam kecepatan tinggi
b. Mengenakan Helm ketika menggunakan jenis kendaraan apapun
c. Selalu memprioritaskan waktu kemanapun ketika bepergian
d. Taat terhadap seluruh peraturan lalu lintas serta pengendara lainnya

Jawaban: D

13. Hal yang harus dipatuhi apabila pengendara memasuki jalan yang memiliki marka dua garis ganda utuh seperti pada gambar adalah

Soal Tes Rambu Lalu Lintas Nomor 13

a. Pengendara sama sekali tidak boleh melalui jalan tersebut
b. Pengendara harus mengemudikan kendaraan tepat di garis tengah berada
c. Pengendara di sisi kiri maupun kanan tidak boleh melewati garis tengah
d. Pengendara diberikan izin melewati garis tersebut guna mendahului pengendara lainnya.

Jawaban: B

14. Ketika sedang berada di sebuah jalanan dua arah tanpa ada rambu pembatas jalan, maka yang harus dilakukan adalah

a. Berusaha menguasai jalanan karena tidak adanya pembatas
b. Menekan klakson supaya kendaraan dari arah berlawanan menepi
c. Memberikan ruang cukup supaya menghindari adanya kecelakaan dari arah berlawanan
d. Menyalakan sein kanan agar terlihat seperti terburu-buru

Jawaban: C

15. Berikut adalah kendaraan yang diizinkan untuk melintasi jalan raya, kecuali

a. Memiliki kaca spion kiri maupun kanan
b. Pengendara membawa surat-surat lengkap
c. Tidak memiliki penumpang
d. Kendaraan terpasang plat nomor aktif

Jawaban: C

Tes Handling Paket

Tes Handling Paket

Bagian Psikotes kedua adalah Tes Handling Paket. Tujuan bagian Psikotes Anteraja kali ini adalah menguji wawasan kandidat mengenai proses pengantaran maupun pick up paket. Mulai dari pemahaman akan istilah sampai alur pengiriman paket Anteraja.

Berikut adalah bocoran soal Psikotes Anteraja untuk bagian Tes Handling Paket.

1. Apakah yang dimaksud dengan proses retur?

a. Pengembalian Barang
b. Pengembalian Biaya
c. Pembelian Barang
d. Pembelian Jasa

Jawaban: A

2. Apabila target produktivitas ditetapkan sebesar 80 paket sehari, maka

a. Kurir harus mampu melakukan delivery paket minimal 80 paket
b. Kurir minimal harus melakukan pick up minimal 80 paket
c. Kurir harus mengantarkan minimal 80 paket akumulasi dari pick up hingga delivery
d. Kurir harus mengantarkan 40 paket deliver serta 40 paket pick up, tidak boleh kurang ataupun lebih

Jawaban: C

3. Yang harus diperhatikan oleh kurir ketika melakukan pick up dari pengirim adalah

a. Memastikan barang tidak termasuk kategori paket dilarang pick up
b. Memastikan kurir sudah sampai di alamat tercantum dalam permintaan pick up yang diterima
c. Memastikan paket sudah diambil serta tidak tertinggal ketika kurir akan pergi
d. Semua jawaban benar

Jawaban: D

4. Paket yang tidak boleh di Pick Up oleh kurir, yaitu

a. Dokumen
b. Perkakas
c. Narkoba maupun senjata tajam
d. Alat rumah tangga

Jawaban: C

5. Jika alamat pengiriman paket sudah berbeda pulau, maka transportasi yang cocok untuk digunakan adalah

a. Transportasi darat
b. Transportasi laut
c. Transportasi udara
d. Semua jawaban benar

Jawaban: B

6. Kilometer merupakan satuan untuk pengukuran

a. Jarak
b. Waktu
c. Berat
d. Volume

7. Paket adalah

a. Kotak atau kardus
b. Aktivitas di perusahaan logistik
c. Proses dalam dunia ekspedisi
d. Barang di dalam bungkus untuk dikirimkan melalui pos maupun perusahaan ekspedisi

Jawaban: D

8. Maksimal dimensi paket untuk pengiriman Anteraja adalah

a. 5x5x5 cm
b. 50x50x50 cm
c. 500x500x500 cm
d. Tidak ada batas maksimal dimensi dalam pengantaran Anteraja

Jawaban: B

9. Contoh paket kategori dimensi large/besar adalah

a. Helm
b. Dokumen
c. Kaca Mata
d. Botol Minum

Jawaban: A

10. Berikut adalah alur pengiriman paket dari daerah domisili pengirim sampai ke alamat tujuan penerima

a. HUB Domisili, Staging Domisili, Staging Tujuan, HUB Tujuan
b. Staging Domisili, Staging Tujuan, HUB Domisili, HUB Tujuan
c. Staging Domisili, HUB Domisili, HUB Tujuan, Staging Tujuan
d. HUB Domisili, HUB Tujuan, Staging Domisili, Staging Tujuan

Jawaban: A

11. Apabila kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan dalam kegiatan Pick Up maupun Delivery, maka yang harus dilakukan adalah

a. Mencari alamat serta rute menggunakan aplikasi navigasi
b. Bertanya mengenai alamat tujuan kepada orang sekitar
c. Menghubungi kontak penerima untuk menanyakan patokan alamat tertera
d. Semua jawaban benar

Jawaban: D

12. Apabila pengirim ingin mengirimkan paket tetapi tidak memiliki kelengkapan guna melakukan pengemasan, maka

a. Pengirim berhak meminta bantuan pengemasan kepada pihak Anteraja serta biaya ditanggung oleh Anteraja
b. Pengirim tidak berhak meminta bantuan pengemasan kepada pihak Anteraja serta harus mencari bantuan lainnya
c. Pengirim tidak berhak meminta bantuan pengemasan kepada pihak Anteraja serta Anteraja juga tidak berhak mengantarkan paket tersebut
d. Pengirim berhak meminta bantuan pengemasan kepada pihak Anteraja serta biaya ditanggung oleh Pengirim

Jawaban: D

13. Tas dari Anteraja yang dapat digunakan oleh kurir untuk kebutuhan pengantaran paket sehari-hari dinamakan

a. Motherboard
b. Motherbag
c. Backpack
d. Goodiebag

Jawaban: C

14. Alasan utama mengapa kendaraan roda dua/motor menjadi kendaraan utama guna melakukan pick up serta delivery adalah

a. Motor cukup fleksibel karena dapat memasuki rute jalanan kecil
b. Motor memiliki harga terjangkau
c. SIM C lebih mudah didapatkan dibandingkan SIM A
d. Motor dapat tahan dalam menghadapi banjir

Jawaban: A

15. Menurut KBBI, paket memiliki pengertian

a. Kotak atau kardus
b. Aktivitas di perusahaan logistik
c. Proses dalam dunia ekspedisi
d. Barang di dalam bungkus untuk dikirimkan melalui pos maupun perusahaan ekspedisi

Jawaban: D

Tes Service Excellence

Tes Service Excellence

Bagian Psikotes ketiga adalah Tes Service Excellence. Anteraja akan mencoba menguji bagaimana kualitas pelayanan kandidat selama mengerjakan serangkaian tugas melalui soal-soal tercantum di dalam Psikotes.

Berikut adalah bocoran soal Psikotes Anteraja untuk bagian Tes Service Excellence.

1. Ketika seorang pelanggan merekomendasikan produk yang sebelumnya pernah digunakan kepada orang terdekatnya, maka

a. Direktur perusahaan menawan dan menarik perhatian
b. Produk memiliki harga terlalu mahal
c. Produk perusahaan cenderung buruk
d. Perusahaan dengan produknya berhasil memenuhi harapan pelanggan

Jawaban: D

2. Ketika sedang melakukan pick up paket dari pengirim, kurir diminta untuk membantu mengangkat karena cukup berat, yang harus dilakukan adalah

a. Meminta pengirim cancel order
b. Menyuruh pengirim mencari bantuan orang lain
c. Membantu pengirim dengan senang hati
d. Meminta pengirim mengantarkan barang lain

Jawaban: C

3. Apabila kurir datang kepada pengirim/penerima paket dengan mematuhi protokol kesehatan serta memberikan pelayanan prima, maka hal yang mungkin terjadi adalah

a. Pengirim/Penerima akan merasa kurang senang menggunakan Anteraja bahkan cenderung memilih jasa lainnya
b. Pengirim/Penerima akan merasa senang menggunakan Anteraja, berlangganan tetap, bahkan merekomendasikannya
c. Jawaban A B benar
d. Jawaban A B salah

Jawaban: B

4. Contoh implementasi dalam sikap 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) adalah

a. Melayani pelanggan secara baik karena mengetahui kepentingan pelanggan adalah hal utama
b. Berbicara secara sopan kepada pengirim maupun penerima
c. Selalu mengucapkan salam kepada pengirim maupun penerima ketika tiba di alamat tujuan
d. Menunjukan senyuman saat dihampiri atau menghampiri pengirim maupun penerima

Jawaban: A

5. Jika hasil survey menunjukan bahwa mayoritas pelanggan cukup merasa puas dengan pelayanan perusahaan, maka yang harus dilakukan adalah

a. Melakukan evaluasi serta perbaikan sistem pelayanan pelanggan
b. Mempertahankan bahkan melakukan inovasi agar pelanggan yang sebelumnya merasa puas jauh lebih puas lagi kedepannya
c. Menghapus penilaian jelek serta mempertahankan penilaian bagus di dalam hasil survey
d. Tidak perlu melakukan apa-apa

Jawaban: A

6. Jika paket rusak ketika diantarkan lalu penerima meminta bantuan Anda, maka yang harus dilakukan adalah

a. Cuek saja karena bukan tugas Anda
b. Memberikan bantuan sembari melapor kepada Staging Leader
c. Memberikan saran untuk laporan sendiri
d. Berpura-pura tidak tahu harus melakukan apa

Jawaban: B

7. Berikut adalah pengertian pelayanan atau service, kecuali

a. Mengerti keinginan pelanggan
b. Mengecewakan pelanggan
c. Memenuhi keinginan pelanggan
d. Melampaui harapan pelanggan

Jawaban: B

8. Menggunakan atribut keamanan dan keselamatan serta menjalankan protokol kesehatan saat mengantarkan paket merupakan salah satu pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan

a. Agar pelanggan lebih terasa tenang, aman, serta yakin dalam menggunakan Anteraja
b. Agar pelanggan mengetahui helm yang digunakan kurir Anteraja berharga tinggi
c. Agar pelanggan mengetahui apabila Anteraja adalah perusahaan yang bergerak di bidang keamanan
d. Tidak ada yang peduli terhadap atribut keamanan maupun keselamatan

Jawaban: A

9. Dalam memberikan pelayanan Service Exellence, mengapa penampilan menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan?

a. Dapat meyakinkan pelanggan
b. Dapat membuat pelanggan rela membayar berapa saja
c. Dapat menimbulkan rasa sayang bagi pelanggan
d. Tidak ada orang yang memperhatikan tentang penampilan

Jawaban: A

10. Keuntungan perusahaan meningkatkan pelayanan pelanggan adalah

a. Kepuasan pelanggan
b. Mendapatkan ulasan baik
c. Membuat perusahaan tidak berkembang
d. Jawaban A B benar

Jawaban: D

11. Tindakan untuk memulihkan kembali konsumen yang terlanjur kecewa agar kembali percaya pada Kita, merupakan definisi dari

a. Penghiburan
b. Service Recovery
c. Kesempatan
d. Delivery Service

Jawaban: B

12. Kurir Anteraja menjadi garda terdepan dalam mencerminkan kualitas pelayanan, karena

a. Kurir melayani pelanggan dengan bekerja di balik layar
b. Kurir tidak pernah bertemu dengan pelanggan
c. Kurir yang langsung berinteraksi dengan pelanggan
d. Kurir selalu membawa cermin

Jawaban: C

13. Prinsip integritas yang harus diterapkan dalam suatu pelayanan adalah

a. Berkata jujur kepada pelanggan
b. Menepati janji kepada pelanggan
c. Memberikan pelayanan secukupnya
d. Jawaban A B benar

Jawaban: D

14. Barang pada dasarnya merupakan jenis produk yang ditawarkan kepada masyarakat serta bersifat

a. Samar-samar
b. Intangible (tidak berwujud)
c. Tangible (berwujud)
d. Bisa diraba

Jawaban: C

Tes Integritas

Tes Integritas

Bagian Psikotes terakhir adalah Tes Integritas. Anteraja akan menguji seberapa besar tingkat kejujuran serta komitmen kandidat selama pengerjaan tugas melalui soal-soal tercantum di dalam Psikotes online.

Berikut adalah bocoran soal Psikotes Anteraja untuk bagian Tes Integritas.

1. Ketika sedang mengantarkan ada kesempatan untuk mengambil barang rusak atau sudah terbuka. Ternyata barang tersebut adalah produk yang sedang Anda inginkan. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Mengambilnya sambil bersikap biasa saja seperti tidak terjadi apa-apa
b. Melaporkannya pada staging leader
c. Mengambilnya sambil mengatakan ke staging leader bahwa paket tersebut hilang
d. Mempertimbangkan telebih dahulu

Jawaban: B

2. Seberapa pentingkah mendapatkan kepercayaan pelanggan?

a. Sangat penting
b. Tidak penting
c. Biasa saja
d. Tidak terlalu

Jawaban: A

3. Ketika ditugaskan oleh Staging Leader guna membantu bagian sortir akibat paket menumpuk di waktu senggang, maka yang harus dilakukan adalah

a. Menolaknya karena bukan merupakan bagian tugas
b. Membantu dengan senang hati
c. Mencari alasan
d. Membantu sambil menggerutu

Jawaban: B

4. Apabila Anda tidak sengaja menggunakan uang hasil COD (Cash on Delivery), maka yang harus dilakukan adalah

a. Jujur kepada Staging Leader, menggantinya, kemudian bersedia menerima sanksi
b. Mengatakan bahwa uang hasil COD telah hilang
c. Berpura-pura tidak tahu bahwa uang yang diberikan oleh pembeli kurang
d. Diam saja

Jawaban: A

5. Di bawah ini yang merupakan nilai-nilai SATRIA adalah

a. Sigap
b. Integritas
c. Amanah
d. Semua Benar

Jawaban: D

6. Apabila Staging Leader meminta Anda menceritakan hal penting mengenai regulasi kantor padahal hal tersebut bersifat privat, maka yang harus dilakukan adalah

a. Menceritakannya kepada rekan yang dekat dengan Anda
b. Menceritakan ke rekan-rekan dengan catatan tidak disebarluaskan
c. Diam saja serta bekerja seperti biasa sembari melaporkannya kepada bagian terkait ketika mendapatkan gangguan lebih lanjut
d. Memberitahukannya begitu saja apabila ditanya

Jawaban: C

7. Apabila pembeli ingin membuka paket sebelum membayar transaksi COD, maka yang harus dilakukan adalah

a. Membayarkan paket pembeli
b. Bersekongkol dengan pembeli supaya dapat membuka paketnya terlebih dahulu
c. Meminta kompensasi kepada pembeli supaya dapat membuka paket
d. Menjelaskan mengenai sistem COD serta tidak mengizinkan paket dibuka sebelum dibayar

Jawaban: D

8. Nilai-nilai di dalam SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas, Amanah) bertujuan untuk

a. Mendapatkan kepercayaan pelanggan
b. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
c. Membentuk citra perusahaan baik di mata masyarakat
d. Semua jawaban benar

Jawaban: D

9. Ketika diberikan fasilitas berupa koneksi internet, maka yang harus dilakukan adalah

a. Menggunakannya untuk berbagai keperluan kantor maupun pribadi, serta akan meminta kembali pada perusahaan ketika kuota sudah habis
b. Menggunakannya untuk keperluan pribadi dan akan libur bekerja ketika kuotanya sudah habis
c. Mengutamakan penggunaannya untuk pekerjaan perusahaan
d. Membagikan penggunaannya kepada keluarga maupun teman terdekat

Jawaban: C

10. Jika berbohong bisa menjadi penyelamat dalam keadaan terdesak, maka menurut Anda berbohong adalah

a. Diperbolehkan ketika mendesak
b. Tidak boleh dalam keadaan apapun
c. Harus selalu dilakukan
d. Harus selalu dipertimbangkan

Jawaban: B

11. Sebagai seorang kurir Anteraja, semua pekerjaan harus dilakukan dengan

a. Penuh tanggung jawab
b. Seenaknya
c. Sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh diri sendiri
d. Mementingkan kepentingan pribadi saja

Jawaban: A

12. Poin Integritas dalam nilai-nilai SATRIA merupakan

a. Hal yang merepotkan
b. Hal yang harus dipegang teguh
c. Sekali-kali dijalankan
d. Tidak memiliki arti

Jawaban: B

13. Suatu ketika keluarga maupun orang terdekat Anda sedang mengalami kesulitan keuangan. Apabila pihak terkait meminta meminjam terlebih dahulu uang hasil pembayaran COD, maka yang harus dilakukan adalah

a. Meminta izin kepada Staging Leader serta berjanji akan melunasinya dalam waktu satu minggu
b. Menolak dengan mencari solusi lainnya
c. Mempertimbangkannya
d. Bertanya terlebih dahulu kepada Staging Leader

Jawaban: B

14. Menjaga paket dari hujan sampai ke tangan penerima merupakan salah satu contoh penerapan nilai-nilai SATRIA untuk poin

a. Terpercaya
b. Aman
c. Integritas
d. Ramah

Jawaban: B

15. Apa arti Integritas dari dalam diri seseorang?

a. Menjunjung tinggi kejujuran serta komitmen
b. Mau bertanggung jawab
c. Mampu berlaku konsisten
d. Semua jawaban benar

Jawaban: A

Setelah membaca seluruh bocoran di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa kegiatan Psikotes Anteraja terdiri dari 4 bagian tes dengan masing-masing 15 soal di dalamnya. Silakan jadikan referensi tadi sebagai bahan belajar sebelum mendaftar loker Anteraja.

Namun, perlu diberitahukan terlebih dahulu bahwasanya semua bocoran soal Psikotes Anteraja tadi masih dapat berubah sewaktu-waktu. Itulah mengapa Anda juga bisa menambahkan sumber ajar lainnya sebagai tambahan wawasan.

Cara Mengisi Soal Psikotes Anteraja

Cara Mengisi Soal Psikotes Anteraja

Berhubung semua kemungkinan soal Psikotes sudah Anda ketahui, maka tibalah saatnya mengetahui bagaimana cara mengisinya. Tentunya para kandidat harus mengikuti prosedur dari pihak Anteraja dalam menjawab semua pertanyaan seleksinya.

Supaya bisa mendapatkan gambaran lengkapnya, berikut adalah langkah-langkah pada cara mengisi soal Psikotes Anteraja sesuai prosedur.

1. Siapkan Seluruh Berkas Lamaran Kerja

Langkah pertama untuk cara mengisi soal Psikotes Anteraja adalah mempersiapkan berkas lamaran kerja sesuai ketentuan. Pastikan berkas lamaran kerja Anteraja tersebut sudah disiapkan dalam bentuk file PDF.

2. Buka Pesan Email Rekrutmen Anteraja

Ketika lolos proses registrasi Rekrutmen Anteraja, maka pihak HRD akan mengirimkan pesan email berupa informasi mengenai kegiatan Psikotes. Silakan buka pesan email tersebut supaya dapat mengakses seluruh informasi di dalamnya.

3. Catat Username dan Password

Pesan email Rekrutmen Anteraja berisi data login akun Psikotes. Silakan catat informasi mengenai Username serta Password guna mengakses akun Psikotes tersebut.

4. Buka Link Formulir Psikotes Anteraja

Tidak hanya sekedar informasi akun, nantinya pihak HRD Anteraja juga akan memberikan link menuju halaman pengerjaan. Setelah mencatat informasi mengenai data login akun Psikotes Anteraja, silakan buka halaman dengan melakukan klik pada link formulir.

5. Login Menggunakan Akun Pemberian

Setelah berada di halaman awal fomulir Psikotes, Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu ke dalam akun. Silakan isikan data Username serta Password akun dari Anteraja sesuai instruksi di setiap kolom.

6. Isikan Informasi Pribadi

Ketika sudah berada di dalam halaman formulir Psikotes Anteraja, pertama-tama Anda akan diminta mengisi informasi pribadi. Silakan isikan setiap kolom dengan data akurat sesuai instruksi pihak Anteraja.

7. Upload Berkas Lamaran Kerja Anteraja

Apabila sudah selesai melakukan pengisian informasi pribadi, silakan upload berkas lamaran kerja Anteraja. Pastikan mengupload berkas di setiap kolom sesuai instruksi dari pihak Anteraja.

8. Selesaikan Formulir Psikotes Anteraja

Jika sudah selesai melakukan upload berkas lamaran kerja Anteraja, silakan lanjutkan proses pengisian formulir sampai selesai. Pastikan untuk membaca detail keterangan di setiap halaman supaya proses pengisian formulir dapat berjalan lancar.

9. Kerjakan Soal Psikotes Anteraja

Setelah selesai mengisi semua formulir registrasi tersebut, maka Anda sudah bisa mulai mengerjakan semua soal Psikotes Anteraja. Cukup jawab setiap pertanyaan dengan jawaban tepat di dalam opsi pilihan ganda nantinya.

Durasi Psikotes Anteraja

Setiap tahapan seleksi dalam proses lamaran kerja tentunya memiliki durasi. Hal serupa juga berlaku bagi kegiatan Psikotes Anteraja. Nantinya Anda akan mengerjakan semua soalnya sampai ketentuan batas waktu.

Lantas, berapa lama durasi kegiatan Psikotes Anteraja? Semua soal Psikotes Anteraja online harus dikerjakan sebelum melewati ketentuan tanggal. Apabila tidak melakukan pengisian tersebut, maka secara otomatis kandidat akan dianggap gugur.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh informasi penting di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa kegiatan Psikotes Anteraja terdiri dari 4 bagian penting, yaitu tes rambu lalu lintas, handling paket, service excellence, hingga integritas.

Pastikan untuk mengisi setiap soal Psikotes sebelum melewati ketentuan tanggal. Apabila Anda sedang mencari informasi lainnya terkait proses rekrutmen Anteraja, maka segera kunjungi update terbaru www.tomorrowsuite.id.

Bagikan:

Photo of author

Rijal Tanjung

Seorang mantan staff managerial di salah satu perusahaan pengiriman serta ekspedisi ternama di Indonesia. Memiliki pengalaman dan wawasan terkait jasa serta layanan ekspedisi.