Mendapati paket pengiriman bermasalah tentu bisa terjadi di semua jasa ekspedisi, salah satunya yaitu ketika menggunakan layanan Next Day Anteraja yang terlambat sampai. Ada beberapa kendala yang membuat paket Next Day sampai melebihi batas estimasi waktu pengiriman.
Masalah yang menyebabkan paket Next Day terlambat sampai bisa dikarenakan oleh pihak kurir, agen atau Staging Store sekalipun. Namun ketika Next Day Anteraja terlambat sampai apakah pihak ekspedisi memberikan kompensasi?
Ada beberapa informasi yang perlu dipahami ketika pengiriman Next Day Anteraja terlambat sampai ke alamat tujuan. Sehingga nantinya kalian bisa mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi ketika pengiriman Next Day mengalami keterlambatan.
Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.id akan menyajikan rangkuman lengkap terkait penyebab dan solusi ketika Next Day Anteraja terlambat sampai ke alamat tujuan. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu ulasan mengenai batas estimasi waktu pengiriman Next Day berikut ini.
Daftar Isi
Estimasi Waktu Pengiriman Anteraja Next Day
Berdasarkan informasi yang berhasil kami rangkum dari website resmi anteraja.id, bahwa berapa hari layanan atau produk Next Day Anteraja memiliki estimasi waktu pengiriman sampai di alamat tujuan kurang lebih 24 jam setelah dikirim.
Hal ini tentunya sebanding dengan pengalaman kami ketika menggunakan layanan Anteraja Next Day. Paket kami yang dikirim menggunakan Next Day Service tiba di alamat tujuan kurang dari 24 jam.
Namun ada juga beberapa konsumen layanan Next Day yang mengalami keterlambatan paket lebih dari 1 hari. Untuk mengetahui apa saja masalah yang menyebabkan paket Next Day terlambat, silahkan simak rangkuman nya berikut ini.
Penyebab Next Day Anteraja Terlambat
Seperti sudah disinggung di awal, bahwa ada beberapa masalah yang membuat kiriman paket Next Day terlambat sampai atau melebihi batas estimasi (24 jam/1 hari). Berikut adalah penjelasan beberapa masalah yang membuat paket Anteraja Next Day terlambat sampai ke alamat tujuan:
Staging Store Overload
Penyebab paket Next Day Anteraja mengalami keterlambatan yang pertama yaitu adanya gudang sebagai Staging Store mengalami overload. Sehingga membuat paket Next Day terlambat di sortir atau dilanjutkan ke proses pengiriman ke kota tujuan.
Kendala Ekspedisi Pengiriman
Penyebab paket Next Day Anteraja terlambat yang kedua yaitu karena adanya kendala pengiriman yang dirasakan oleh kurir ekspedisi. Dimana hal ini dapat terjadi karena adanya keadaan memaksa (force majeure) seperti jalur dilalui terjadi bencana alam, banjir, aksi huru-hara, pemberontakan, atau adanya keadaan lain di luar kemampuan pihak ekspedisi.
Kurir Sulit Menemukan Alamat
Penyebab paket Next Day terlambat sampai yang selanjutnya yaitu karena adanya kendala yang dialami oleh kurir Satria Sprinter. Misalnya seperti sulit menemukan lokasi penerima, jadwal pengiriman sudah melewati jam kerja kurir Anteraja maupun adanya beberapa kendala lainnya.
Selain beberapa penyebab di atas, tentunya masih banyak lagi masalah lainnya yang membuat kiriman Next Day terlambat lebih dari 24 jam. Misalnya karena pihak penjual yang terlambat melakukan pengemasan dan menyerahkan paket ke kurir Pick Up maupun kurir Pick Up sudah lewat jadwal penjemputan paket ke penjual.
Nah setelah ketahui beberapa penyebab di atas, sekarang apakah ada solusi untuk mengatasi paket Next Day terlambat? Silahkan simak pengalaman beberapa pengguna layanan Next Day berikut ini.
Solusi Paket Next Day Anteraja Terlambat
Tidak berbeda jauh ketika paket Anteraja tidak bergerak, ketika paket kiriman terlambat sampai juga bisa dilakukan komplain. Namun perlu diketahui bahwa ketika melakukan komplain ke Anteraja kalian wajib memastikan dan memiliki bukti bahwa pengiriman paket terlambat.
Sehingga hal tersebut nantinya bisa menguatkan kalian ketika melakukan pengaduan karena barang kiriman terlambat sampai melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Berikut adalah solusi mengatasi Next Day Anteraja terlambat sampai lebih dari 1 hari:
Cek Status Pengiriman
Pertama, silahkan lakukan tracking paket Next Day menggunakan nomor resi yang didapatkan dari pihak pengirim. Silahkan cek status pengiriman Anteraja tersebut, apakah memang terjadi pergerakan (rincian waktu) yang terlambat atau tidak.
Siapkan Bukti Keterlambatan
Kedua, silahkan kumpulkan bukti terkait pengiriman Next Day Anteraja yang terlambat. Hal ini wajib dilakukan jika memang terjadi Anteraja terlambat melakukan proses pengiriman, pendistribusian maupun pengantaran paket ke alamat penerima.
Bukti Next Day terlambat tersebut bisa berupa screenshot hasil cek resi mulai dari pengirim menyerahkan parcel ke kurir sampai dengan parcel diterima di alamat tujuan.
Ajukan Komplain
Selanjutnya setelah semua bukti Next Day terlambat disiapkan, silahkan lakukan pengajuan komplain. Cara komplain Anteraja dapat dilakukan lewat No. WA CS, customer service 24 jam, formulir komplain online maupun mengunjungi kantor Anteraja terdekat.
Proses komplain ini dapat dilakukan pada paket kiriman Anteraja Tokopedia, Shopee maupun langsung dari ekspedisi Anteraja. Sehingga masalah parcel Next Day terlambat tersebut langsung akan ditangani oleh petugas customer service.
Nah setelah ketahui beberapa cara mengatasi parcel Next Day terlambat di atas, sekarang apakah pengiriman Next Day terlambat akan mendapat kompensasi atau ganti rugi? Silahkan simak pengalaman pengguna layanan Next Day berikut ini.
Apakah Next Day Anteraja Terlambat Ada Kompensasi?
Berdasarkan salah satu pengalaman pengguna layanan Next Day yang mengalami terlambat sampai dan berkeinginan melakukan klaim, pihak konsumen tidak mendapatkan kompensasi alias ganti rugi atas paket kiriman Next Day yang terlambat.
Hal ini dijelaskan langsung oleh pihak customer service Anteraja yang tidak tersedianya kompensasi atas layanan pengiriman yang terlambat. Sehingga konsumen tidak bisa mendapatkan ganti rugi (biaya ongkir) dari layanan Next Day yang terlambat sampai tersebut.
Namun perlu diketahui, bahwa pihak Anteraja bisa saja memberikan ganti rugi atau kompensasi jika paket kiriman menggunakan layanan asuransi atau memenuhi syarat dan ketentuan berlaku lainnya.
Misalnya seperti barang kiriman Anteraja terlambat karena kesalahan petugas kurir, gudang atau mitra agen terdekat. Maka bisa jadi pihak Anteraja akan memberikan ganti rugi (uang) sesuai dengan ketentuan berlaku.
Kesimpulan
Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa pengalaman Next Day Anteraja terlambat sampai lebih dari 1 hari, konsumen bisa jadi mendapatkan kompensasi maupun bisa juga tidak tersedia ganti rugi oleh pihak ekspedisi. Hal ini akan ditentukan berdasarkan perjanjian (layanan asuransi) maupun ditentukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Beberapa penyebab kiriman Next Day terlambat sampai di tujuan bisa dikarenakan adanya keadaan memaksa yang membuat pihak kurir atau ekspedisi terkendala melakukan pengiriman. Misalnya proses pendistribusian paket Next Day terkendala akibat bencana alam, kerusuhan maupun keadaan memaksa lainnya yang membuat pihak ekspedisi terganggu.
Untuk mengatasi Anteraja terlambat sampai, pelanggan bisa mengajukan komplain lewat nomor Whatsapp CS, Formulir komplain, panggilan telepon maupun mengunjungi langsung alamat kantor terdekat. Sehingga nantinya permasalahan kiriman Next Day terlambat dapat segera di respon oleh pihak ekspedisi.