Belakangan ini tidak sedikit penjual yang mengalami kasus COD Shopee tidak dibayar. Sehingga sebagai Seller di Shopee, mereka merasa dirugikan karena barang sudah dikirim ke pembeli, namun terdapat masalah pembayaran COD. Namun sebenarnya apa alasan pelanggan tidak mau bayar paket COD Shopee?
Pengguna Shopee sebagai pembeli juga banyak yang mempertanyakan apakah bisa menolak paket COD Shopee yang sudah dikirim. Dimana penolakan paket COD Shopee tersebut tentunya memiliki alasan yang masuk akal dan sebenarnya dapat diterima oleh pihak Shopee maupun untuk penjual.
Dari adanya kasus COD Shopee tidak dibayar, apakah ada solusi yang dapat dilakukan oleh penjual? Atau apakah kerugian pengiriman paket COD Shopee harus ditanggung Seller sendiri?
Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini Tomorrowsuite.id akan menyajikan rangkuman tentang COD Shopee tidak dibayar. Misalnya mengenai pengertian, dampak untuk pembeli dan penjual maupun penjelasan mengenai alasan dan solusinya. Untuk ketahui informasi lengkap terkait COD tidak dibayar, silahkan simak pembahasan nya berikut ini.
Daftar Isi
Apa Itu COD Shopee Tidak Dibayar?
Paket COD tidak dibayar adalah salah satu masalah atau kendala yang dialami oleh penjual. Masalah COD ini dapat dikarenakan oleh pihak atau sistem Shopee, maupun dikarenakan oleh pelanggan sebagai pembeli.
Jika dilihat dari beberapa kasus COD Shopee, hal tersebut dapat terjadi oleh beberapa faktor. Misalnya sistem COD Shopee tidak dibayarkan terjadi karena pembeli menolak paket COD maupun adanya masalah yang disebabkan oleh kurir dari jasa pengiriman digunakan.
Nah setelah ketahui pengertian di atas, sekarang apakah pembeli bisa membatalkan pesanan COD di Shopee? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.
Bolehkan Pembeli Membatalkan COD Shopee?
Sebagai pengguna layanan Shopee COD, tentunya pembeli pernah berfikir mengenai pembatalan pengiriman Shopee COD. Banyak pelanggan bingung apakah bisa membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah atau sedang proses pengiriman.
Dimana dapat kami Informasikan bahwa, pembeli bisa saja membatalkan atau menolak pesanan paket COD Shopee. Namun perlu digaris bawahi, bahwa kalian harus mendapatkan persetujuan dari pihak Seller, Shopee maupun jasa ekspedisi yang bertugas membawa paket.
Perlu diketahui juga, adanya pembatalan atau penolakan COD Shopee juga akan mendatangkan beberapa kerugian. Baik untuk pengguna sebagai pembeli maupun sebagai Seller Shopee sekalipun. Untuk ketahui akibat atau dampak apa yang terjadi jika COD Shopee tidak dibayar, silahkan simak penjelasannya berikut ini.
Akibat Tidak Membayar COD di Shopee
Sebagai pelanggan Shopee, tentu kalian juga pernah berpikiran bagaimana jika tidak membayar Shopee COD. Apa saja dampak atau akibat setelah COD tidak dibayar?
Ada beberapa dampak dapat terjadi apabila pengguna aplikasi Shopee tidak bayar paket COD. Akibat COD Shopee tidak dibayar tentu saja bisa berdampak buruk bagi pelanggan, kurir ekspedisi dan terutama bagi Seller. Berikut adalah dampak yang terjadi apabila COD Shopee tidak dibayarkan:
Bagi Pembeli
Ketika pengguna sebagai pemesan tidak membayar paket COD, maka bisa mendapatkan beberapa masalah berikut ini:
- Fitur Shopee COD dibekukan, dinonaktifkan sementara bahkan sampai permanen.
- Bisa saja berujung ke tahap penanggung jawaban apabila penjual tidak menyetujui penolakan atau pembatalan COD Shopee.
- Menurunkan skor Shopee meter.
- Membuat akun Shopee dibekukan, dinonaktifkan maupun diblokir sementara sampai permanen.
- Mempersulit rezeki orang lain (pihak kurir maupun penjual).
Menolak pesanan Shopee COD sangat memungkinkan terjadinya masalah pengguna Shopee tidak bisa COD. Sehingga alangkah baiknya pertimbangkan lagi ketika akan menolak atau tidak membayarkan pesanan COD Shopee.
Bagi Kurir Ekspedisi
Selain konsumen, sebagai kurir Ekspedisi bertugas membawa paket COD juga bisa mendapatkan beberapa dampak ketika pelanggan tidak membayarkan paket COD. Dampak yang terjadi bagi kurir apabila paket COD Shopee tidak dibayar diantaranya sebagai berikut:
- Kurir perlu bekerja dobel alias perlu menjadwalkan pengiriman ulang sampai batas percobaan pengiriman gagal.
- Mengganggu proses pengantaran paket Shopee pelanggan lain.
- Bisa saja terlibat dalam kasus COD tidak dibayar (apabila kurir terbukti membuat pesanan COD tidak dibayar).
- Kurir bisa mendapatkan sanksi, teguran maupun ganti rugi sekalipun jika terbukti membuat COD tidak dibayar.
- Kurir harus melakukan pengembalian paket ke penjual sesuai prosedur berlaku.
Bagi Penjual
Bagi Seller di Shopee juga bisa terdampak apabila pesanan paket COD tidak dibayarkan. Berikut adalah kerugian yang dialami penjual apabila COD tidak dibayar:
- Perlu berkoordinasi (komunikasi) dengan pihak jasa ekspedisi dan pembeli.
- Dapat membuat fitur atau layanan COD di Shopee dinonaktifkan sementara bahkan sampai permanen.
- Paket COD bisa saja dikembalikan ke pengirim (ini jelas merugikan penjual).
- COD bermasalah sangat memungkinkan membuat rating toko menurun.
Nah setelah ketahui beberapa akibat COD Shopee tidak dibayar di atas, sebenarnya apa alasan pembeli menolak dan membatalkan pesanan pengiriman COD Shopee? Silahkan simak pembahasan nya berikut ini.
Alasan Pembeli Menolak Paket COD Shopee
Ada beberapa alasan yang biasa digunakan oleh pembeli ketika COD Shopee tidak dibayar (pengiriman Shopee COD ditolak). Beberapa kasus COD tidak dibayar tentunya dapat terjadi pada siapapun pengguna. Berikut adalah beberapa contoh kasus atau alasan pembeli menolak pesanan Shopee COD:
Tidak Merasa Pesan
Alasan COD tidak dibayar pertama yaitu dikarenakan pembeli tidak merasa pesan barang. Hal ini dapat terjadi karena konsumen memang tidak merasa memesan barang maupun adanya pesanan Shopee COD yang tidak disengaja.
Tidak merasa memesan barang di Shopee juga dapat dikarenakan akun Shopee di retas orang lain. Sehingga ketika akun Shopee tersebut digunakan untuk belanja COD dan pengguna tidak mengubah alamat pengiriman, maka bisa jadi barang dikirim ke alamat asli (yang dipilih).
Sehingga selain pelanggan tidak merasa pesan Shopee COD, adanya pengiriman salah alamat juga dapat membuat Shopee COD ditolak oleh penerima sesuai alamat paket.
Tidak Ada Di Rumah
Alasan COD Shopee tidak dibayar kedua yakni dikarenakan penerima tidak sedang ada di rumah. Misalnya sedang bepergian sebentar maupun bepergian keluar kota sekalipun. Sehingga membuat kurir tidak bisa menyelesaikan pesanan barang COD Shopee tersebut.
Tidak Ada Uang
Alasan COD tidak dibayar ketiga yaitu dikarenakan penerima pesanan tidak memiliki cukup uang. Sehingga tidak bisa membayarkan barang Shopee COD tersebut. Alhasil, pemesan barang memutuskan untuk menolak barang Shopee COD tersebut.
Pesanan Tidak Lengkap
Alasan menolak COD Shopee selanjutnya yaitu karena barang dikirim penjual tidak lengkap sesuai order. Sehingga membuat pembeli memutuskan pesanan COD tidak dibayar atau tidak diambil. Dan akan melakukan komplain ke penjual untuk melakukan retur.
Pesanan Rusak atau Hilang
Selain pesanan tidak lengkap, adanya kerusakan atau barang ada yang hilang di layanan Shopee COD juga bisa membuat pelanggan menolak pengiriman. Hal ini juga tentunya berdalih untuk menghubungi pihak pengirim (Seller) agar bisa melakukan retur (pengembalian).
Sudah Menerima Paket
Alasan COD Shopee tidak dibayar yang terakhir yaitu adanya pelanggan yang sudah menerima paket pesanan sama. Hal ini dapat terjadi apabila pihak penjual melakukan kesalahan, misalnya seperti pengiriman dua kali (dobel) ke alamat sama. Sehingga setelah pelanggan menerima paket COD Shopee sebelumnya, dan ada pengiriman kembali dengan barang sama, kemungkinan besar pembeli akan menolak pesanan.
Nah setelah ketahui beberapa kasus COD tidak dibayar atau alasan pembeli menolak pengiriman COD, sekarang apakah ada solusi bagi Seller yang mengalami kasus COD tidak dibayar? Silahkan simak ulasannya berikut ini.
Solusi Penjual Ketika Shopee COD Tidak Dibayar
Ada beberapa tips yang dapat digunakan sebagai solusi ketika penjual mendapati kasus COD tidak dibayar. Misalnya dengan hubungi pihak jasa pengiriman, hubungi call center Shopee maupun dengan menerima apapun kerugian terjadi. Berikut adalah solusi untuk Seller ketika terjadi kasus COD Shopee tidak dibayar:
Hubungi Pembeli
Solusi pertama ketika COD tidak dibayar, penjual harus hubungi pembeli. Silahkan tanyakan kepada pelanggan kenapa menolak COD atau COD tidak dibayar. Pastikan pelanggan tidak menyalahi aturan atau kebijakan berlaku.
Namun apabila pelanggan melanggar kebijakan layanan COD, silahkan selesaikan bersama pelanggan sebagai pembeli. Sehingga penjual tidak perlu hubungi pihak ekspedisi maupun pihak Shopee sekalipun.
Hubungi Jasa Ekspedisi
Solusi kedua ketika COD Shopee tidak dibayar, penjual perlu menghubungi pihak jasa pengiriman. Misalnya seperti ekspedisi Shopee Express, Anteraja, J&T dan lain sebagainya.
Hal ini perlu dilakukan apabila masalah COD tidak dibayar bukan dikarenakan pembeli. Namun dikarenakan adanya kesalahan di pihak kurir, gudang maupun bagian ekspedisi lainnya.
Apabila menggunakan ekspedisi Shopee Express, kalian bisa hubungi Call Center SPX atau dengan mendapatkan nomor kurir Shopee Express. Namun apabila kalian gunakan ekspedisi lain, silahkan hubungi di kontak yang tersedia. Baik lewat panggilan telepon Hotline, email maupun kontak Call Center lainnya.
Hubungi Agen Terdekat
Solusi ketiga apabila COD tidak dibayar, penjual harus menghubungi agen terdekat. Hal ini perlu dilakukan apabila kasus COD tidak dibayar namun tidak bisa diatasi oleh customer service online.
Sehingga kalian sebagai Seller perlu menghubungi agen ekspedisi terdekat. Misalnya dengan hubungi agen Drop Off Point Shopee Express, gudang Shopee Express maupun lainnya jika gunakan ekspedisi SPX.
Menerima Semua Kerugian
Setelah semua solusi di atas sudah dilakukan, namun tidak mendapatkan titik terang (penyelesaian kasus), maka penjual harus berlapang dada menerima segala kerugian. Baik ketika pengiriman dikembalikan maupun kerugian material lainnya.
Namun perlu diingat, jika dalam proses pengembalian atau retur tidak sesuai kebijakan tetapi status pengiriman selesai, maka kalian perlu mengajukan komplain ke pihak Shopee maupun ke jasa ekspedisi terkait. Sehingga kalian masih bisa mendapatkan keuntungan (ganti rugi) akibat paket hilang, rusak maupun kembali tidak lengkap ke penjual.
Kesimpulan
Menarik kesimpulan pembahasan di atas, bahwa ada kasus COD Shopee tidak dibayar dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Misalnya karena pelanggan menolak pengiriman COD Shopee, penerima tidak ada dirumah, adanya percobaan pengiriman gagal dan beberapa masalah lainnya.
Untuk mengatasi kasus COD tidak dibayar, penjual bisa melakukan tracking dimulai dari hubungi penjual, jasa ekspedisi, call center maupun dengan mengunjungi agen atau gudang pengiriman langsung.
FAQ
Ketika COD tidak dibayar, maka pelanggan bisa mendapat sanksi berupa fitur COD dinonaktifkan. Sedangkan dampak bagi penjual dapat merugi apabila Shopee COD dikembalikan.
Bisa, pelanggan bisa menolak COD Shopee apabila barang dikirim tidak sesuai pesanan, tidak merasa memesan maupun adanya kesalahan alamat pengiriman.
Bisa, asalkan sudah mendapat persetujuan dari Seller Shopee dan pihak kurir ekspedisi.
Umumnya pesanan COD Shopee ditolak, semua kerugian akan ditanggung penjual. Namun jika COD Shopee ditolak karena kesalahan kurir, maka yang bertanggung jawab pihak ekspedisi.