Cara Komplain Shopee Express 2024, Via WA dan Kantor Terdekat

Ajiz Cahyono

Cara Komplain Shopee Express Via WA dan Kantor Terdekat

Ketika terjadi kendala dalam proses pengiriman paket di Shopee Express, biasanya pelanggan melakukan komplain ke pihak ekspedisi atau kantor terdekat. Komplain ke pihak SPX Express biasanya dilakukan ketika paket lama sampai, rusak atau bahkan sampai hilang sekalipun.

Pihak Shopee Express menyediakan layanan konsumen agar bisa melakukan pengaduan maupun pengajuan komplain terkait kendala pengiriman. Namun bagaimana cara komplain Shopee Express ketika paket terlambat sampai, rusak atau hilang?

Ketika melakukan komplain pengiriman, pengguna bisa lakukan lewat nomor WA kurir maupun kantor SPX Express Service Point terdekat. Sehingga nantinya pengajuan komplain akan ditangani langsung oleh pihak jasa ekspedisi atau kurir yang sedang membawa paket.

Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.id akan menyajikan rangkuman lengkap terkait cara komplain Shopee Express ketika paket terlambat sampai, hilang atau diterima tidak lengkap. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu ulasan mengenai beberapa alasan konsumen melakukan komplain ke SPX Express berikut ini.

Alasan Komplain ke Shopee Express

Alasan Komplain ke Shopee Express

Tidak berbeda jauh ketika konsumen komplain ke Anteraja, ketika menggunakan jasa ekspedisi SPX Express juga tentunya terdapat beberapa alasan ketika konsumen melakukan komplain. Berikut adalah beberapa alasan pelanggan melakukan komplain ke Shopee Express:

  • Konsumen mendapati adanya status pengiriman Shopee Express tidak berubah.
  • Nomor resi Shopee Express tidak bisa dilacak.
  • Adanya proses percobaan pengiriman gagal Shopee Express yang dilakukan oleh pihak ekspedisi karena sudah melewati jam kerja kurir.
  • Paket kiriman Shopee Express terlambat sampai melebihi batas estimasi waktu yang telah ditentukan.
  • Barang kiriman diterima dengan kondisi rusak, item kurang maupun adanya isi hilang sekalipun.
  • Barang kiriman dikirim oleh kurir ke alamat yang tidak sesuai (salah).
  • Adanya perlakukan atau cara kurir yang tidak sopan dalam mengantarkan paket ke alamat penerima.

Selain beberapa alasan di atas, tentunya masih banyak lagi alasan lainnya yang membuat konsumen melakukan komplain. Pasalnya setiap pelanggan melakukan komplain tentunya memiliki kendala pengiriman sendiri-sendiri.

Nah setelah ketahui apa saja penyebab konsumen melakukan komplain, sekarang apa saja persiapan atau syarat melakukan komplain ke Shopee Express? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Persiapan Sebelum Komplain SPX Express

Persiapan Sebelum Komplain SPX Express

Ada beberapa persyaratan ketika akan melakukan pengaduan ke Shopee Express. Misalnya dengan siapkan nomor resi, cek status pengiriman maupun simpan bukti adanya kendala terjadi. Berikut adalah persiapan sebelum melakukan komplen ke Shopee Express:

Siapkan Nomor Resi Pengiriman

Pertama, silahkan siapkan nomor resi paket kiriman Shopee Express. Pastikan nomor resi masih berlaku atau barang kiriman masih dalam proses pengiriman oleh pihak ekspedisi atau kurir Shopee Express.

Selain menyiapkan nomor resi, alangkah baiknya kalian juga siapkan detail informasi pengiriman. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon atau informasi lainnya terkait pengirim dan penerima paket.

Lakukan Tracking Paket

Kedua, silahkan pastikan kembali jika paket kiriman Shopee Express sedang mengalami kendala. Kalian bisa lakukan tracking (lacak) paket Shopee Express.

Setelah itu, pahami dari masing-masing arti status pengiriman Shopee Express tersebut. Sehingga nantinya dapat menyimpulkan kendala apa yang terjadi di barang kiriman Shopee Express tersebut.

Kumpulkan Bukti Kendala Pengiriman

Nah setelah benar terjadi kendala atau masalah, silahkan kumpulkan bukti-bukti. Misalnya dengan screenshot hasil lacak paket Shopee Express, bukti chat dengan penjual maupun bukti penting lainnya. Pastikan semua bukti tersebut valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apabila sudah menyiapkan segala persiapan di atas, sekarang kalian sudah bisa melakukan komplain ke SPX Express, berikut adalah tutorial melakukan komplain nya.

Cara Komplain Shopee Express

Ketika pelanggan melakukan pengaduan ke pihak Shopee Express, maka bisa dilakukan lewat nomor Whatsapp kurir, nomor telepon agen atau kantor Shopee terdekat maupun dengan meminta bantuan call center pusat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk komplain ke Shopee Express:

Lewat WA Kurir

Cara pertama, silahkan lakukan komplain dengan mengirim chat Whatsapp ke pihak kurir SPX Express. Namun menggunakan cara ini, kalian wajib mengetahui nomor kurir Shopee Express yang sedang membawa paket. Sehingga nantinya kalian bisa berkomunikasi langsung dengan petugas pengantaran yang sedang mengirim barang.

Kirim Email

Cara kedua, silahkan kirimkan pesan ke email pihak Shopee maupun Shopee Express. Silahkan jelaskan kendala pengiriman kalian ketika menggunakan layanan Shopee Express. Namun menggunakan cara ini, kalian perlu bersabar karena respon petugas customer service tidak secepat ketika Whatsapp ke kurir.

Lewat Formulir Komplain

Cara ketiga, silahkan gunakan link formulir komplain Shopee Express. Cara ini sebenarnya tidak berbeda jauh ketika mengirim pesan lewat Email. Namun kalian bisa lebih mudah dalam menyampaikan informasi komplain.

Pasalnya dalam link formulir komplain tersebut sudah tersedia beberapa kolom pertanyaan sesuai dengan data yang dibutuhkan. Mulai dari nomor HP, nomor pesanan, nomor resi dan lain sebagainya. Silahkan gunakan link formulir komplain SPX Express berikut ini:

Silahkan gunakan salah satu link formulir pengajuan komplain SPX di atas. Lalu silahkan isi semua kolom pengajuan komplain yang dibutuhkan berikut dengan upload bukti-bukti kendala (jika ada).

Hubungi Call Center

Cara selanjutnya, silahkan hubungi call center Shopee Express pusat 24 jam. Namun menggunakan cara ini kalian perlu menyiapkan biaya berupa pulsa. Pasalnya ketika melakukan panggilan lewat telepon hotline, maka kalian wajib menggunakan pulsa.

Memang cara ini terbilang cepat di respon oleh petugas Shopee Express. Namun kalian wajib mengeluarkan biaya tambahan agar bisa mengajukan komplain secara cepat dan langsung ke CS pusat.

Lewat Live Chat Shopee

Nah apabila ingin cara yang lebih simple dan gratis, maka kalian bisa lakukan lewat live Chat di Shopee. Cara ini sebenarnya tidak berbeda jauh ketika kalian akan melakukan komplain terkait pesanan di aplikasi Shopee. Hanya saja kalian wajib memberikan informasi lebih lengkap kepada petugas terkait kendala di pengiriman Shopee Express.

Silahkan buka fitur Live Chat dengan Shopee, lalu ikuti semua perintah (chat bot) agar bisa terhubung ke customer service Shopee. Lalu setelah tersambung dengan petugas CS, silahkan ajukan komplain sesuai dengan kendala pengiriman yang dialami di SPX Express.

Kunjungi Kantor Terdekat

Cara terakhir untuk komplain ke Shopee Express yakni dengan mengunjungi alamat kantor Shopee terdekat. Selain itu, kalian juga bisa kunjungi alamat gudang Shopee Express terdekat untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait kendala pengiriman yang sedang terjadi.

Untuk mengajukan komplain menggunakan beberapa cara di atas, silahkan lakukan di jam operasional kantor, gudang maupun agen SPX Express. Yaitu setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Serta bisa dilakukan di hari Sabtu, Minggu dan hari libur apabila kantor atau cabang Shopee Express buka.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara komplain Shopee Express dapat dilakukan secara gratis cepat dan mudah. Beberapa cara komplain tersebut diantaranya yaitu dengan mengirim pesan WA ke kurir SPX Express, hubungi call center, gunakan formulir komplain maupun dengan mengunjungi langsung agen SPX Express Service Point terdekat.

Ketika akan melakukan komplain, pastikan dilakukan di jam operasional kantor cabang maupun kantor pusat. Sehingga nantinya bisa langsung ditangani oleh petugas atau customer service Shopee Express.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.id.