Cara Komplain Kalog 2024, Nomor WA dan Email

Anjar Tri

Cara Komplain Kalog

Bagaimana kalau paket barang Kalog kita ternyata mengalami kerusakan? Salah satu cara paling ampuh yaitu mengajukan komplain atau pengaduan kepada customer service. Tapi dalam pengajuan komplain tersebut ada yang perlu diperhatikan agar prosesnya dapat diterima.

Komplain Kalog adalah salah satu layanan dimana pelanggan bisa meminta kerugian atas kerusakan paket barang yang memang murni kesalahan kurir maupun perjalanan pengiriman. Akan tetapi, kalian harus memiliki bukti yang nyata, seperti dalam bentuk video.

Proses pengaduan Kalog sebenarnya bisa dilakukan pada agen KAI Logistik terdekat atau customer service secara online. Pastikan mengajukan komplain kepada Kalog harus sesuai dengan prosedur yang telah berlaku.

Karena masih banyak pelanggan Kalog belum mengetahui bagaimana cara komplain yang benar. Dalam artikel ini, kami sudah merangkum lengkap prosedur pengajuan komplain dan call center Kalog, silahkan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Alasan Komplain Kalog

Alasan Komplain Kalog

Sebelum lanjut ke pembahasan utama yakni cara komplain kalog yang benar, ada baiknya kenali terlebih dahulu permasalahan kerap dialami oleh pelanggan sebelumnya. Adanya informasi ini bisa dijadikan bahan pertimbangkan sebelum memutuskan memilih pengiriman di Kalog.

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap jasa ekspedisi di Indonesia memiliki customer service untuk melayani pelanggan mengajukan pengaduan maupun komplain terhadap paketnya. Hal ini juga diterapkan oleh KAI Logistik agar pelanggan merasa nyaman, puas serta aman.

Terdapat beberapa permasalahan pengiriman paket di jasa ekspedisi Kalog yang sering terjadi, biasanya berkaitan dengan barang sedang dikirim. Untuk menghindari kerugian kita alami, berikut jenis permasalahan yang sering di komplain oleh pelanggan Kalog, antara lain:

1. Kerusakan

Permasalahan sering di komplain oleh pelanggan Kalog yaitu paket barang terjadi kerusakan karena pengemasan produk kurang tepat. Selain itu, kondisi lapangan bisa mempengaruhi kerusakan paket barang.

Untuk menghindari adanya kerusakan, ada baiknya sebagai pelanggan melakukan pengecekan ulang paket barang serta perhatikan proses packing petugas Kalog.

2. Paket Hilang

Selain pengiriman yang salah alamat, barang hilang terkadang dialami oleh pelanggan Kalog. Biasanya paket hilang disebabkan salah menginput atau menulis alamat, sehingga kurir bingung pada saat proses mengantarkan ke lokasi tujuan penerima.

Namun jangan khawatir, pihak KAI Logistik berusaha mungkin akan mencari keberadaan paket kalian. Jika tidak ditemukan, pihak KAI Logistik akan mengganti kerugian dalam bentuk uang maupun barang yang sama.

3. Pengiriman Tidak Tepat Waktu

Alasan permasalahan yang sering terjadi oleh pelanggan Kalog adalah pengiriman tidak tepat waktu. Jika hal ini sedang dialami oleh kalian, segera mungkin ajukan komplain kepada customer service Kalog agar paket barang tidak hilang.

Syarat Komplain Kalog

Ketika akan mengajukan pengaduan kepada customer service Kalog, pelanggan wajib menyiapkan beberapa persyaratan. Hal ini bertujuan agar CS Kalog dapat memproses permintaan kalian dengan baik.

Contoh komplain di ekspedisi lainnya:

Sebenarnya persyaratan komplain Kalog tidak jauh beda dengan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Pasalnya persyaratan komplain ini hanya membawa dokumen pengiriman, antara lain:

  • Nomor resi pengiriman Kalog.
  • Status pengiriman saat ini.
  • Bukti permasalahan yang sedang dialaminya, dalam bentuk foto atau video.
  • Nomor handphone pengirim.

Cara Komplain Kalog yang Benar

cs kalog

Setelah seluruh persyaratan sudah dipahami, selanjutnya kami ingin menjelaskan tata cara pengaduan paket pengiriman KAI Logistik yang benar. Pasalnya ada beberapa cara untuk komplain kepada customer service KAI Logistik, mulai dari lewat pesan atau panggilan.

Berikut adalah cara pengajuan komplain paket Kalog yang bermasalah:

1. Komplain ke Kantor Pusat

Cara komplain pertama yaitu pelanggan bisa datangi kantor pusat Kalog secara langsung. Untuk lokasi kantor pusat berada di alamat Jln KH. Wahid Hasyim No 11 A, Jakarta Pusat 10340. Jika ingin mendatangi kantor pusat Kalog untuk mengajukan permasalahan, silahkan bawa persyaratan seperti yang di atas.

Ketika sudah berada di ruangan kantor pusat Kalog, silahkan datangi customer service yang siap melayani kalian. Kemudian, utarakan semua keluhan yang sedang terjadi pada paket barang kalian.

2. Komplain Lewat Nomor Telepon

Cara komplain kedua yaitu lewat nomor telepon customer service Kalog. Untuk nomor telepon CS Kalog yakni 021 31922299/021 50986300. Nomor CS Kalog tersebut siap melayani kalian selama 24 jam penuh.

Namun kekurangan dari komplain lewat nomor telepon yaitu kalian harus membayar biaya telepon berdasarkan durasi waktu. Oleh karena itu, sebelum komplain sebaiknya persiapkan pulsa terlebih dahulu.

3. Komplain Lewat Website

Cara komplain ketiga yakni lewat website yang bisa dilakukan secara gratis dan 24 jam penuh. Untuk mengajukan komplain lewat website, ada baiknya kalian persiapkan perangkat handphone atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.

Jika belum tahu website komplain Kalog, silahkan klik Disini. Apabila sudah berada di halaman tersebut, silahkan Isi Semua Formulir dengan benar lalu klik Send Message. Estimasi dibalas pengajuan komplain lewat website kurang lebih 1×24 jam.

4. Komplain Lewat Email

Cara komplain terakhir bisa lewat CS email Kalog yaitu cs@kalogistics.co.id. Jika ingin mengirimkan komplain lewat email, ada baiknya berikan keterangan permasalahan dan bukti-bukti yang jelas.

Jam Operasional CS Kalog

Perlu diketahui bahwa mengajukan komplain kepada CS KAI Logistik harus mengikuti ketentuan jam operasional. Berikut adalah jam operasional CS Kalog setiap harinya:

  • Senin: 08.00 – 17.00 WIB
  • Selasa: 08.00 – 17.00 WIB
  • Rabu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Kamis: 08.00 – 17.00 WIB
  • Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
  • Sabtu: 08.00 – 17.00 WIB
  • Minggu: 08.00 – 17.00 WIB

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara komplain Kalog bisa dilakukan lewat kantor terdekat, nomor telepon, email serta website. Sebelum mengajukan pengaduan, ada baiknya kalian persiapkan seluruh persyaratan agar pihak CS Kalog bisa memproses dengan cepat.

Demikian penjelasan dari tomorrowsuite.id terkait pengajuan permasalahan kepada CS KAI Logistik yang benar. Semoga artikel ini membantu kalian yang sedang mengalami masalah paket dikirimkan lewat KAI Logistik.

Bagikan:

Photo of author

Anjar Tri

Seorang penulis berpengalaman dalam bidang jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Mulai dari lokasi kantor ekspedisi hingga memberikan solusi terkait permasalahan pada layanan dan jasa ekspedisi.