Seiring berjalannya waktu, saat ini beragam pihak marketplace sudah menyediakan fitur retur untuk barang pesanan pelanggannya, termasuk Shopee. Lalu, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara retur paket Shopee yang sedang dikirim atau sudah diterima?
Secara garis besarnya, retur adalah proses pengembalian produk yang dilakukan oleh pembeli karena barang tidak sesuai pesanan. Untuk saat ini, retur paket di Shopee dapat dilakukan dengan mudah asalkan setiap pelanggan memahami tahapan-tahapannya.
Untuk saat ini, cara retur paket Shopee dapat dilakukan melalui beberapa layanan, entah itu melalui aplikasi maupun website. Akan tetapi, agar proses retur paket dapat diterima dan disetujui, maka setiap pelanggan perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.
Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin mengajukan pengembalian paket di Shopee, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tata caranya. Nah, artikel di bawah ini akan membahas secara lengkap mengenai cara retur paket Shopee disertai syarat dan ketentuannya.
Daftar Isi
Apa Itu Retur di Shopee?
Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara retur paket Shopee lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung di awal, retur merupakan proses pengembalian produk yang dilakukan oleh pembeli karena paket tidak sesuai dengan pesanan.
Dimana kasus ini dapat diartikan sebagai paket pesanan dalam kondisi cacat, tidak baik atau rusak yang diakibatkan secara sengaja maupun kelalaian dari pihak pengirim dan jasa ekspedisi. Melalui tindakan ini, nantinya pembeli akan mendapatkan barang baru atau pengembalian dana sesuai dengan nilai pesanan.
Perlu diketahui, sebenarnya retur atau pengembalian barang di Shopee tidak hanya dapat dilakukan oleh pihak pembeli ke penjual saja. Namun, retur juga bisa dilakukan oleh pihak penjual ke pemasok barang. Hal inilah yang membuat istilah retur penjualan dan retur pembelian muncul di Shopee.
Syarat Retur Paket Shopee
Ketika hendak mencari tahu bagaimana cara retur paket Shopee, tentunya kalian perlu memahami semua syarat beserta ketentuannya. Dengan kata lain, pihak Shopee mempunyai beberapa kriteria barang pesanan pelanggan yang bisa diajukan untuk proses retur atau pengembalian.
Jika pelanggan atau pembeli tidak memenuhi semua syarat tersebut, maka kemungkinan besar proses retur barang pesanan tidak akan disetujui oleh pihak Shopee. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa syarat maupun kebijakan retur barang di Shopee.
- Pelanggan dapat mengajukan retur paket apabila pesanan belum diterima, keadaan rusak serta tidak sesuai dengan deskripsi.
- Proses pengajuan retur paket harus mendapatkan persetujuan dari pihak penjual.
- Penjual diperbolehkan menolak retur paket dari pembeli apabila alasannya tidak kuat.
- Pembeli beserta penjual mempunyai kesepakatan jika terjadi sesuai dengan paket pesanan bisa mengajukan retur.
- Durasi retur paket tidak melewati batas waktu masa garansi Shopee.
- Setiap pelanggan wajib memasukkan bukti kesalahan ketika paket diterima.
- Pembeli belum menyelesaikan transaksi dengan cara menekan tombol pesanan diterima.
- Retur paket akan disetujui jika penjual sudah menerima barang yang dikembalikan.
- Nantinya dana akan dikembalikan dalam bentuk saldo ShopeePay.
Cara Retur Paket Shopee
Setelah memahami sekilas pengertian hingga sejumlah syarat dan ketentuan retur barang di Shopee, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara melakukannya. Secara garis besarnya, pengajuan pengembalian paket di Shopee dapat dilakukan dengan mudah asalkan memahami tahapan-tahapannya.
Pada intinya, apabila pelanggan sudah memenuhi semua syarat maupun kebijakan Shopee terkait pengembalian paket, maka besar kemungkinan jika permintaannya akan disetujui. Nah, daripada penasaran langsung saja perhatikan baik-baik cara retur paket Shopee di bawah ini.
Retur Paket di Aplikasi
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini proses pengembalian paket di Shopee dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya yaitu melalui aplikasi. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai cara retur paket Shopee di aplikasi HP Android maupun iOS.
1. Buka Aplikasi Shopee
Cara pertama, silakan buka aplikasi Shopee di smartphone kalian, entah itu di HP Android maupun iPhone. Sebelum melanjutkannya, pastikan terlebih dahulu kalian sudah update aplikasi Shopee ke versi paling terbaru. Setelah itu, silakan pilih tombol Saya di bagian pojok kanan bawah layar.
2. Pilih Dikirim
Jika sudah masuk ke menu Saya atau Profil pengguna aplikasi Shopee, maka cara selanjutnya silakan akses opsi Pesanan Saya. Pada halaman ini, akan tersedia daftar riwayat pesanan di Shopee. Untuk melanjutkannya, silakan pilih tab Dikirim.
3. Tentukan Pesanan
Nantinya secara otomatis akan muncul daftar paket pesanan Shopee yang sedang dikirim oleh jasa ekspedisi pengiriman terkait. Pada tahap ini, nantinya kalian hanya perlu memilih salah satu jenis paket pesanan yang ingin diajukan pengembaliannya.
4. Tekan Ajukan Pengembalian
Apabila sudah masuk ke dalam rincian pesanan, maka akan muncul beragam detail informasi terkait paket Shopee yang sudah berhasil dikirim tersebut. Nah, untuk mulai mengajukan retur paket Shopee, silakan tekan tombol Ajukan Pengembalian di bagian bawah.
5. Tentukan Alasan Pengajuan
Langkah terakhir, nantinya kalian akan diminta untuk menentukan alasan kenapa ingin mengajukan retur paket. Pastikan alasan yang kalian pilih untuk pengembalian paket Shopee tersebut sudah sesuai dengan apa yang kalian rasakan.
6. Konfirmasi Retur Paket
Nantinya kalian hanya perlu mengikuti semua instruksi seperti menambahkan bukti seperti foto atau video produk disertai keterangannya. Jika sudah, tekan Kirim di bagian bawah layar. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara pengajuan retur paket Shopee di aplikasi berhasil dilakukan.
Retur Paket di Website
Selain melalui aplikasi, proses pengajuan pengembalian paket Shopee juga bisa dilakukan melalui situs ataupun website resmi marketplace tersebut. Adapun tata cara retur paket Shopee melalui website tersebut juga tergolong cukup mudah untuk dilakukan, hampir sama seperti di aplikasi.
Hanya saja nantinya akan ada sedikit perbedaan dari segi tampilan atau tata letak tombol-tombol di website Shopee. Sementara dari segi tahapan atau alur pengajuan retur barang di website Shopee tersebut sebenarnya sama seperti lewat aplikasi sehingga tentunya dapat dilakukan oleh semua pelanggan.
Tips Agar Retur Paket Shopee Diterima
Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara retur paket Shopee lewat aplikasi maupun website disertai dengan syarat hingga ketentuannya. Perlu diketahui, terdapat cukup banyak kasus pelanggan yang tidak mendapatkan persetujuan dari pihak Shopee ketika mengajukan pengembalian barang.
Dimana kegagalan retur paket tersebut tentu bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal. Nah, sebagai informasi tambahan di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips agar proses pengajuan retur barang di Shopee dapat diterima dan disetujui.
- Pastikan kalian memberikan bukti retur paket secara lengkap sesuai syarat, entah itu dalam bentuk foto maupun video unboxing (pembukaan paket).
- Sertakan pula alasan yang kuat sesuai kondisi paket pesanan.
- Pastikan kalian masih menyimpan nomor resi paket pesanan ketika mengajukan retur di Shopee.
Baca juga:
- 4 Cara Menonaktifkan COD di Shopee untuk Penjual 2024
- Shopee Express Bermasalah Hari Ini? Ini Penyebabnya!
- Berapa Lama Pengiriman Shopee COD? Ini Estimasi Waktunya
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap pelanggan Shopee berkesempatan mengajukan retur pesanan apabila barang tidak sesuai deskripsi. Akan tetapi, supaya proses retur tersebut dapat diterima pihak Shopee, tentunya pelanggan harus memenuhi semua syarat beserta kebijakan yang berlaku.
Demikian sekiranya penjelasan dari Tomorrowsuite.id seputar cara retur paket Shopee lewat aplikasi maupun website disertai dengan syarat beserta ketentuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mengajukan pengembalian paket di Shopee.