Sebagaimana diketahui, salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan TIKI dibandingkan jasa ekspedisi lainnya yaitu karena kecepatan pengirimannya. Meskipun begitu, ada kalanya seorang pelanggan ingin membatalkan pesanan TIKI karena suatu alasan tertentu.
Alasan pembatalan pesanan TIKI juga sebenarnya bisa sangat beragan, entah itu karena faktor internal maupun eksternal. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui bagaimana cara membatalkan pesanan TIKI.
Secara garis besarnya, cara membatalkan pesanan TIKI dapat dilakukan dengan mudah dan cepat asalkan memahami tahapan-tahapannya. Selain itu, setiap pelanggan yang ingin melakukan pembatalan pesanan TIKI juga perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang berlaku.
Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin melakukan pembatalan barang pesanan di TIKI, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu tata caranya. Nah, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara membatalkan pesanan TIKI disertai dengan mudah serta cepat.
Daftar Isi
Alasan Membatalkan Pesanan TIKI
Seperti sudah disinggung di awal, TIKI menjadi salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang sudah terkenal dengan kecepatan proses pengirimannya. Meskipun menawarkan sejumlah keunggulan, ada kalanya pelanggan ingin membatalkan barang pesanan di TIKI karena beberapa alasan khusus.
Dengan kata lain, proses pembatalan pesanan di TIKI tersebut sebenarnya dapat terjadi karena memang situasi atau kondisi mengharuskan pelanggan melakukannya. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh alasan umum pelanggan membatalkan pesanan di TIKI.
- Adanya perubahan kebutuhan dari pihak pelanggan.
- Adanya kesalahan pemesanan.
- Barang pesanan tidak sesuai deskripsi.
- Produk mempunyai ulasan buruk dari pelanggan sebelumnya.
- Penjual mencurigakan.
- Pelanggan berubah pikiran karena menemukan harga lebih murah di toko online lainnya.
Cara Membatalkan Pesanan TIKI
Setelah memahami beberapa contoh alasan umum kenapa seseorang ingin melakukan pembatalan pesanan di TIKI, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara membatalkannya. Perlu diingat, sebenarnya pihak TIKI juga mempunyai ketentuan terkait proses pembatalan pesanan bagi para pelanggannya.
Dimana pada umumnya pembatalan pesanan di TIKI hanya bisa dilakukan apabila barang atau paket tersebut memang belum dikirimkan oleh pihak pengirim atau penjual. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila nantinya pelanggan juga bisa membatalkan pesanan TIKI meskipun sudah berada di proses pengiriman.
Secara garis besarnya, agar proses pembatalan pesanan TIKI dapat berhasil, setiap pelanggan perlu memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara membatalkan pesanan TIKI di semua daerah berikut ini.
1. Hubungi Customer Service TIKI
Cara termudah serta tercepat untuk membatalkan pesanan TIKI yaitu dengan menghubungi customer service melalui call center mereka. Untuk saat ini, kalian bisa menghubungi customer service TIKI melalui beragam cara, entah itu lewat panggilan telepon, email ataupun lewat aplikasi.
Jika ingin menghubungi CS TIKI lewat telepon, pastikan kalian mempunyai pulsa yang cukup serta mempersiapkan informasi yang dibutuhkan saat petugas menanyakannya. Selain itu, pastikan pula kalian menghubungi customer service tersebut pada jam kerja maupun jam operasional TIKI.
Cara selanjutnya bisa dilakukan melalui pengiriman pesan lewat email. Jadi, silakan kirimkan email pembatalan ke alamat tiki@tiki.id dengan mencantumkan nomor resi pengiriman, alasan membatalkan pesanan serta informasi tambahan lainnya.
Selain melalui kedua cara di atas, pembatalan pesanan juga bisa dilakukan melalui aplikasi TIKI. Nantinya kalian bisa mengajukan proses pembatalan pesanan dengan cara mengakses menu Bantuan atau Komplain di aplikasi TIKI.
2. Persiapkan Syarat dan Ketentuan
Setelah mengetahui beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan untuk membatalkan pesanan TIKI, maka selanjutnya tinggal memahami apa saja persiapannya. Ketika menghubungi customer service TIKI, pastikan kalian sudah mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini.
- Nomor resi: Nomor unik yang tertera pada bukti pengiriman barang pesanan pelanggan.
- Alasan pembatalan: Jelaskan secara singkat terkait alasan kalian ingin membatalkan pesanan.
- Informasi tambahan (jika ada): Sertakan pula informasi tambahan apabila dibutuhkan, sebagai contoh saat barang tidak sesuai deskripsi.
3. Konfirmasi Pembatalan Pesanan
Setelah permintaan pembatalan pesanan diterima oleh petugas atau customer service TIKI, maka mereka biasanya akan memberikan konfirmasi melalui panggilan telepon, email ataupun aplikasi. Jadi, metode konfirmasi pembatalan pesanan tersebut bergantung pada cara yang kalian gunakan sebelumnya.
Perlu diingat, pastikan kalian menyimpan bukti konfirmasi pembatalan pesanan TIKI tersebut untuk kebutuhan dokumentasi. Nah, apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara membatalkan pesanan TIKI secara mudah dan cepat sudah berhasil dilakukan.
Sebagai informasi tambahan, kemungkinan pembatalan pesanan TIKI bisa diterima atau bahkan ditolak tergantung pada status pesanannya. Apabila pesanan sudah terlanjur berada di status pengiriman, maka kemungkinan besar proses pembatalan tidak dapat dilakukan.
Selain itu, beberapa penjual di toko online atau e-commerce mungkin juga mempunyai kebijakan pembatalan tersendiri. Maka dari itu, pastikan kalian telah memahami semua peraturan serta kebijakan tersebut sebelum melakukan pemesanan barang di toko online.
Biaya Membatalkan Pesanan TIKI
Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cara membatalkan pesanan TIKI disertai syarat dan ketentuan hingga contoh alasannya. Dalam kondisi atau situasi tertentu, mungkin proses pembatalan pesanan TIKI akan dikenai biaya administrasi tambahan.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa ketentuan ini sebenarnya akan sangat bergantung pada kebijakan perusahaan TIKI maupun penjual di toko online. Jadi, pastikan kalian memahami semua kebijakan dan ketentuan yang berlaku di dalam proses pembatalan pesanan TIKI.
Jangan ragu untuk menghubungi penjual secara langsung untuk mencari tahu ataupun menjelaskan bahwa kalian ingin membatalkan pesanan. Jika memang barang pesanan yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi, sebaiknya ajukan komplain ke TIKI untuk meminta pengembalian barang atau kompensasi lainnya.
Baca juga:
- Arti Arrived at TIKI, Pengertian di Status Pengiriman
- TIKI Reguler Berapa Hari Sampai? Ini Estimasi Waktunya!
Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembatalan pesanan TIKI dapat dilakukan dengan mudah dan cepat selama pelanggan mengikuti semua langkah-langkah secara tepat. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya pahami semua kebijakan yang berlaku ketika ingin mengajukan pembatalan pesanan di TIKI.
Itulah sekiranya penjelasan dari Tomorrowsuite.id seputar cara membatalkan pesanan TIKI disertai dengan syarat dan ketentuan, alasan pembatalan hingga biayanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mengajukan pembatalan pesanan di TIKI.