Cara Menulis Alamat Yang Benar di Shopee 2024

Anjar Tri

cara menulis alamat yang benar di shopee

Belakangan ini banyak kasus orang beli barang di Shopee, tapi salah menuliskan alamat. Oleh karena itu, kami ingin membagikan tata cara menulis alamat yang benar di Shopee sesuai dengan titik lokasi kalian.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Shopee sudah makin banyak diminati oleh semua kalangan, baik itu Orang Tua maupun Dewasa. Bahkan, ada juga orang memiliki banyak akun Shopee dalam satu perangkat handphone.

Hal tersebutlah yang mengakibatkan tertukar atau salah menulis alamat ketika proses pembayaran barang berlangsung. Pasalnya, dalam menulis alamat yang benar di Shopee ada kolom perlu di isikan, sehingga harus teliti.

Guna membantu kalian yang belum tahu cara menulis alamat yang benar di Shopee, kami sudah merangkum lengkap langkah-langkahnya. Selain itu, kami juga menjelaskan beberapa penyebab terjadinya kesalahan pada saat menulis alamat di Shopee.

Cara Menulis Alamat Yang Benar di Shopee

Sebagaimana kita ketahui aplikasi Shopee sudah semakin dikenal oleh banyak orang untuk membeli suatu barang yang sedang dibutuhkan maupun diinginkan. Karena dengan aplikasi Shopee, kalian tidak perlu keluar rumah dan menunggu barang sampai ke rumah.

Namun, ada catatan penting sebelum melakukan pembayaran yaitu menulis alamat yang benar agar penjual bisa mengirimkan barang dengan akurat. Karena di saat salah menulis alamat di Shopee, kemungkinan besar pembelian tidak bisa dicancel ataupun alamat dirubah dari pihak penjual.

Untuk meminimalisir kesalahan pengiriman barang, kami sudah memberikan arahan terkait cara menulis alamat yang benar di Shopee. Tapi, sebelum mengetahui sebaiknya periksa bahwa perangkat handphone terhubung dengan jaringan internet yang lancar.

Jika belum tahu bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka Shopee

home page aplikasi shopee

Pertama-tama harus Buka aplikasi Shopee dengan akun yang kalian miliki. Jika belum punya aplikasinya, silahkan download lewat Google Playstore maupun AppStore secara gratis.

2. Pilih Akun Saya

akun saya di shopee

Jika sudah berada di halaman utama Shopee, silahkan kalian pilih Akun Saya pada bagian pojok kanan bawah yang ada ikon gambar orang. Apabila tidak ada ikon tersebut, kemungkinan besar kalian belum mendaftar akun Shopee atau tidak memiliki akun.

3. Pilih Pengaturan Akun

menu pengaturan shopee

Kemudian, di menu akun tersebut terlihat berbagai macam menu akun Shopee kalian. Untuk menulis alamat, silahkan gulir ke bawah, lalu pilih Pengaturan Akun.Pastikan akun Shopee kalian sudah terverifikasi nomor handphone maupun alamat email yang aktif.

4. Klik Alamat Saya

alamat saya di shopee

Berikutnya di menu pengaturan ada berbagai macam menu privasi dan keamanan akun Shopee kalian. Karena kita akan menulis alamat pembelian barang di Shopee, silahkan klik Alamat Saya pada bagian atas urutan ke dua.

5. Klik Tambah Alamat Baru

tambahkan alamat di shopee

Apabila akun Shopee kalian baru, kemungkinan besar tidak ada alamat sehingga harus menulis secara manual. Untuk menulis alamat pada akun Shopee yang baru, silahkan klik Tambah Alamat Baru. Pastikan alamat lokasi kalian sudah diketahui atau dicatat pada buku catatan yang dimilikinya.

6. Silahkan Isi Alamat yang Benar

menulis alamat yang benar di shopee

Merujuk ke bagian penting yakni Silahkan Isi Alamat yang benar sesuai dengan lokasi kalian. Adapun beberapa kolom yang perlu di tulis, yaitu nama lengkap, nomor telepon, provinsi, nama jalan, detail alamat serta tambahkan google maps jika diperlukan.

Sebelum itu, dipastikan kembali bahwa menulis alamat tersebut sudah benar dan tidak ada kesalahan sama sekali. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dalam pengiriman pembelian barang oleh penjual.

7. Klik Kirim

konfirmasi alamat di shopee

Langkah terakhir yaitu klik Kirim untuk memasukkan alamat kalian ke dalam aplikasi Shopee secara otomatis. Tentunya, hal ini akan memudahkan kalian pada saat pembelian barang di Shopee, karena kalian tidak perlu menuliskan alamat kembali.

Lihat Juga:

Sebagai informasi tambahan, jika kalian berada di wilayah pedesaan jauh dari jalan raya, maka ditambahkan Google Maps atau keterangan Rumah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kurir saat mengantarkan barang ke rumah kalian.

Penyebab Tidak Bisa Menulis Alamat di Shopee

Meskipun mengikuti langkah-langkah di atas, tetapi ada hal yang menjadi kendala yaitu tidak bisa menulis pada menu aplikasi Shopee. Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan beberapa penyebab yang mengakibatkan akun Shopee tidak bisa menambahkan alamat.

Bukan hanya itu saja, terkadang ada juga keterangan bahwa alamat tidak sah di Shopee, sehingga tidak bisa ditambahkan. Untuk mengetahui permasalahan tidak bisa menulis alamat di Shopee, silahkan lihat penjelasan beberapa penyebab di bawah ini:

1. Menulis Alamat Tidak Sesuai

Penyebab pertama yaitu menulis alamat tidak sesuai dengan titik lokasi kalian. Selain itu ada kemungkinan ada kesalahan menulis, seperti tidak ada RT atau kode pos. Oleh karena itu, untuk menghindari alamat tidak sesuai mungkin cek menggunakan google maps terlebih dahulu.

2. Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab kedua yaitu kemungkinan besar jaringan internet pada perangkat handphone kalian tidak stabil. Hal inilah yang menyebabkan pada saat konfirmasi alamat baru tidak bisa diproses hingga selesai.

3. Akun Belum Terverifikasi

Penyebab terakhir yang sering terjadi yaitu akun belum terverifikasi, baik itu nomor handphone maupun alamat email aktif. Maka dari itu, sebelum menambahkan alamat baru di Shopee, silahkan periksa kembali pengaturan akun kalian terlebih dahulu.

Simak Juga: Cara Melihat Voucher Food Deals Shopee Diskon Gratis Ongkir

Kesimpulan

Menarik kesimpulan bahwa cara menulis alamat yang benar di Shopee sangat mudah dilakukan oleh pengguna baru maupun lama. Namun ada hal yang perlu diperhatikan agar tidak ada kesalahan menulis alamat, yaitu jaringan internet harus stabil.

Demikian informasi dari kami terkait menambahkan alamat baru di aplikasi Shopee beserta beberapa penyebab tidak bisa menulisnya. Jika ada permasalahan Shopee yang lainnya, kalian bisa lihat artikel sebelumnya kami.

Bagikan:

Photo of author

Anjar Tri

Seorang penulis berpengalaman dalam bidang jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Mulai dari lokasi kantor ekspedisi hingga memberikan solusi terkait permasalahan pada layanan dan jasa ekspedisi.