Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE 2024

Giring Saputra

Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE

Beberapa pelanggan baru ataupun lama terkadang kerap mengalami permasalahan seperti tidak tahu cara menulis alamat kirim paket via JNE dengan benar. Hal itu dikarenakan sedikitnya pembahasan informasi mengenai penulisan tersebut.

Pada dasarnya cara menulis alamat kirim paket lewat JNE bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya saja kalian perlu memahami tentang struktur di dalam penulisan pengiriman barang ini.

Untuk struktur di dalam cara menulis alamat kirim paket JNE meliputi alamat, nomor telepon dan nama lengkap, baik dari pihak pengirim ataupun penerima. Penulisan harus dilakukan secara tepat tanpa ada kesalahan typo ataupun lainnya.

Ketika memahami tentang cara menulis alamat, maka dapat memudahkan kalian untuk kirim dokumen ataupun jenis paket lainnya. Apabila ingin mengetahui detail caranya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE

Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE Terbaru

Menulis alamat kirim paket JNE menjadi salah satu langkah penting dalam proses pengiriman. Pasalnya hal tersebut nantinya akan menjadi dijadikan sebagai acuan oleh pihak jasa logistik untuk pengiriman. Terlebih penulisan alamat kirim paket juga menjadi salah satu syarat yang diterapkan oleh pihak JNE.

Pada dasarnya cara menulis alamat kirim paket melalui JNE terbilang cukup sederhana serta praktis. Apabila memahami strukturnya, maka dapat dipastikan bahwa penulisan tentang hal tersebut bisa dilakukan oleh pelanggan baru sekalipun. Berikut adalah cara penulisan alamat kirim paket lewat JNE.

1. Tulis Nama

Langkah pertama cara menulis kirim paket JNE di mana penting dilakukan adalah penulisan nama pengirim ataupun penerima. Pastikan menulis nama lengkap dengan jelas serta benar, misalnya Bagus Darmawan. Namun kalian juga dapat menambahkan nama panggilan setelah menulis nama lengkap pengirim serta penerima.

2. Alamat

Menulis alamat penerima maupun pengirim harus dituliskan secara benar, jelas serta lengkap. Format penulisannya dapat mencakup alamat lengkap penerima/pengirim, yaitu nama jalan, RT/RW, desa/kelurahan, provinsi hingga kode pos. Menuliskan alamat kirim dengan benar, dapat membantu kurir JNE untuk mengirimkan paket sesuai lokasi tujuan.

3. Nomor Telepon

Langkah berikutnya dalam cara menuliskan kirim paket JNE adalah penulisan nomor telepon dari penerima ataupun pengirim. Mencantumkan kontak tersebut memudahkan kurir guna menghubungi pihak penerima paket. Di sisi lain juga adanya nomor telepon bisa guna dihubungi jika ada pertanyaan atau masalah dengan pengiriman.

4. Menulis Keterangan Tambahan (Opsional)

Kalian juga dapat menambahkan informasi tambahan di mana perlu diberikan kepada pihak kurir JNE. Seperti nama gedung, petunjuk arah atau keterangan penting lainnya, ditulis pada bagian bawah alamat.

Contoh Menulis Alamat Kirim Paket JNE

Setelah mengetahui tentang penjelasan cara, untuk memberikan gambaran secara jelas maka perlu juga memahami tentang contoh alamat kirim paket JNE. Mengingat hal itu nantinya dapat dijadikan sebagai sebuah acuan guna melakukan penulisan alamat pengiriman barang lewat jasa ekspedisi tersebut.

Walaupun sudah mengetahui cara menulisnya, tetapi beberapa pelanggan kerap kesulitan dalam penulisan alamat kirim paket via JNE. Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa contoh secara mendetail, mulai dari struktur maupun bagian-bagian yang perlu dicantumkan. Contoh alamat kirim paket JNE, seperti:

Penerima:

  • Nama Lengkap: Bagus Darmawan (Bagus)
  • Alamat: Jalan MH Thamrin RT 01/RW 01, Keamatan Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Nomor Telepon/WA: 0889 3495 0000

Pengirim:

  • Nama Lengkap: Rahmat Suparno
  • Alamat: Jalan Letjen Suprapto RT 02/RW 02 Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Nomor Telepon/WA: 0855 2225 5566

Tips Menulis Alamat Kirim Paket JNE

Perlu diketahui kembali bahwa dalam cara menulis alamat kirim paket terdapat beberapa langkah di mana harus kalian diperhatikan. Beberapa di antaranya mencakup penggunaan bahasa, ejaan hingga data valid.

Meskipun begitu beberapa pelanggan baru ataupun lama tidak mengetahui tentang tips penulisan kirim paket lewat JNE. Padahal hal tersebut merupakan bagian penting yang perlu diketahui agar pengiriman dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. Berikut adalah tips penulisan kirim paket via JNE.

Mudah Dibaca

Tips pertama di mana perlu diperhatikan dalam menerapkan cara penulisan alamat kirim paket lewat JNE adalah mudah dibaca. Pastikan agar tulisan tidak terlalu kecil atau sulit dibaca. Pasalnya hal tersebut dapat membuat pihak jasa ekspedisi kebingungan serta mengalami kesalahan pada pengiriman.

Lengkap

Pastikan agar menulis alamat secara lengkap mencakup semua informasi di mana dibutuhkan pada pengiriman. Kalian perlu mengecek kembali informasinya, supaya tidak terlewat. Seperti contohnya nomor rumah, gedung atau kode pos. Apabila salah satu di antaranya tidak ada, maka dapat menyebabkan kirim paket menjadi tertunda.

Data Valid

Kemudian kalian juga perlu memastikan bahwa alamat sudah ditulis dengan benar serta sesuai data valid. Silakan cek kembali bahwa telah mengeja nama ataupun alamat dengan benar. Hindari typo atau kesalahan penulisan, seperti nama jalan yang salah hingga kode pos tidak sesuai.

Menggunakan Bahasa yang Benar

Saat menulis alamat paket, kalian harus memastikan kembali bahwa penulisannya sudah sesuai dengan bahasa yang baik dan benar. Silakan guna mengecek ejaan, tata bahasa hingga format penulisannya.

Menambahkan Nomor Telepon

Tambahkan nomor telepon penerima guna memudahkan kurir atau jasa pengirim dalam menghubungi pihak ini jika terjadi masalah selama pengiriman. Tak hanya penerima, kalian juga perlu mencantumkan nomor telepon dari pengirim.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara menulis alamat kirim paket JNE. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian di mana ingin mengirimkan barang lewat jasa ekspedisi tersebut.

Bagikan:

Photo of author

Giring Saputra

Seorang yang berpengalaman di bidang layanan dan jasa ekspedisi pengiriman paket Indonesia. Sekarang aktif menjadi penulis artikel di website Tomorrowsuite.id.